KERJA KELOMPOK
RABU, 7 AGUSTUS 2019
BAHAN AJAR
Hari/Tanggal : Rabu/7 agustus 2019
Kelas : 7b, 7a, 7c
Semester
: Ganjil
Jam
pertemuan
|
Kd/
indikator
|
Tujuan
pembelajaran
|
Langkah
pembelajaran
|
Sumber
pembelajaran/alat peraga
|
Instrumen
penilaian
|
Keterangan
|
Jam
ke 1 sampai 8
Pertemuan
ke 4 dan 5
|
Kd 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada
diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indicator
:
4.1.1 Menyajikan
hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2 Melakukan
pengukuran dengan satuan baku
4.1.3 Melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4 Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang
sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan,
inferensi,dan mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan
“Kerja dalam IPA”.
·
Peserta Didik melakukan pengukuran dengan satuan
tidak baku.
· Peserta Didik
melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur
yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·
Peserta Didik dapat melakukan pengukuran
besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Peserta didik melakukan pengukuran dengan
menggunakan alat dan benda yang telah disiapkan
2.
Peserta didik melakukan pengukuran bersama teman
sekelompok dengan menggunakan lembar kerja kelompok yang sudah disediakan
3.
Peserta didik melakukan komunikasi dengan
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas secara lisan lalu mengumpulkan
hasil kerja kelompoknya
|
sumber
belajar : power point
1.
alat peraga : berbagai macam alat ukur dan benda
yang diukur seperti Mistar
2.
Jangka sorong
3.
Mikrometer sekrup
4.
Stopwatch
5.
Timbangan berat badan
6.
Meja
7.
Spidol
8.
Buku
9.
Denyut nadi
10.
Badan manusia
|
Penilaian
Portofolio (diskusi kelompok)
|
LEMBAR KERJA
KELOMPOK 1
“Pengukuran”
Nama
anggota kelompok :
1.
2.
3.
4.
A. Kompetensi
Dasar (KD)
|
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Kd
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat
ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
4.1.1 Menyajikan
hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2 Melakukan
pengukuran dengan satuan baku
4.1.3 Melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4 Melakukan
pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam
kehidupan sehari-hari
|
C. Petunjuk pengerjaan!
1.
Membaca
doa sebelum mengerjakan soal
2.
Kerjakan
semua soal secara berkelompok
3.
Kerjakan
sesuai penjelasan yang sudah dijelaskan oleh guru
D. Alat dan benda
yang digunakan
1.
Mistar
2.
Jangka
sorong
3.
Mikrometer
sekrup
4.
Stopwatch
5.
Timbangan
berat badan
6.
Meja
7.
Spidol
8.
Buku
9.
Denyut
nadi
10.
Badan
manusia
E. Data Tabel
Pengamatan
No
|
Alat
ukur yang digunakan
|
Benda
yang diukur
|
Hasil
pengukuran
|
1.
|
Penggaris
|
Panjang
Buku (cm)
|
|
2.
|
Jangka sorong
|
Diameter
Spidol (cm)
|
|
3.
|
Micrometer
sekrup
|
Tebal
penghapus (mm)
|
|
4.
|
Stopwatch
|
Denyut
nadi (dalam 1 menit)
|
|
5.
|
Timbangan
|
Berat
badan (kg)
|
LEMBAR KERJA KELOMPOK 2
PETUNJUK PENGERJAAN!
1.
Kerjakan
semua soal secara berkelompok!
2.
Kerjakan
sesuai dengan penjelasan dan catatan yang sudah diberikan!
Soal!
1. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Hitunglah pengukuran menggunakan micrometer sekrup di samping!
Jawab : ................................................
2. Perhatikan gambar di bawah ini!
Hitunglah pengukuran menggunakan jangka sorong disamping!
Jawab: ........................................................
3. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Hitunglah hasil pengukuran menggunakan neraca disamping!
Jawab : ..............................................................
Komentar
Posting Komentar