LATIHAN DAN LEMBAR KERJA KELOMPOK
RABU, 14 AGUSTUS 2019
KELAS 7B DAN 7C
BAHAN AJAR
KELAS 7B DAN 7C
BAHAN AJAR
KD
|
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
SOAL
|
SKOR
|
3.1 Menerapkan
konsep pengukuran berbagai besaran
yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
|
3.1.1
Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan
IPA
3.1.2
Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3
Meyebutkan objek yang di pelajari IPA
3.1.4
Menyebutkan hal yang dapat di ukur (bukan
besaran)
3.1.5
Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.6
Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional)
3.1.7
Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta
satuanya
3.1.8
Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta
satuanya
|
1.
Siswa mempu menuliskan 3 keterampilan
proses penyelidikan IPA secara urut!
2.
Siswa
mampu Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.
Siswa mampu menuliskan salah
satu objek yang dipelajari dalam IPA
4.
Siswa
mampu Menyebutkan hal yang dapat di ukur (bukan
besaran)
5.
Siswa mampu Membandingkan satuan baku dan tidak
baku
6.
Siswa mampu Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional)
7.
Siswa mampu Menyebutkan macam-macam besaran pokok
beserta satuanya
8.
Siswa mampu Menyebutkan macam-macam besaran
turunan beserta satuanya
|
1.
Tuliskan 3 keterampilan
proses penyelidikan IPA secara urut!
2.
Jelaskan salah satu kegunaan mempelajari IPA!
3.
Tuliskan salah satu objek yang dipelajari dalam
IPA!
4.
Tuliskan contoh sesuatu yang tidak dapat diukur!
5.
Berikan contoh satuan baku dan tidak baku!
6.
30 km= …… m
7.
3 ton = ……… pon
8.
Tuliskan minimal 3 besaran pokok beserta
satuannya!
9.
Tuliskan minimal 3 besaran turunan beserta
satuannya!
|
3
2
1
1
2
2
3
3
3
|
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai
pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
4.1.1
Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.2
Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang,
massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.4 Melakukan
pengukuran besaran-besaran turunan
sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
9.
siswa mampu menghitung hasil pengukuran dengan satuan baku
10. siswa mampu menghitung besaran panjang,
masa, dan waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan
sehari-hari
|
10. 2 jam = ……… detik
11.
hitunglah hasil pengukuran menggunakan jangka sorong di
bawah ini!
12.
Tuliskan macam-macam alat ukur masa, panjang, waktu,
dan suhu!
|
2
2
4
|
BAHAN AJAR
Kelas : 7A
Semester
: Ganjil
Jam
pertemuan
|
Kd/
indikator
|
Tujuan
pembelajaran
|
Langkah
pembelajaran
|
Sumber
pembelajaran/alat peraga
|
Instrumen
penilaian
|
Keterangan
|
Jam
ke 1 sampai 9
Pertemuan
ke 4 dan 5
|
Kd 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada
diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indicator
:
4.1.1 Menyajikan
hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2 Melakukan
pengukuran dengan satuan baku
4.1.3 Melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4 Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang
sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan,
inferensi,dan mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan
“Kerja dalam IPA”.
·
Peserta Didik melakukan pengukuran dengan satuan
tidak baku.
· Peserta Didik
melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur
yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·
Peserta Didik dapat melakukan pengukuran
besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Peserta didik melakukan pengukuran dengan
menggunakan alat dan benda yang telah disiapkan
2.
Peserta didik melakukan pengukuran bersama teman
sekelompok dengan menggunakan lembar kerja kelompok yang sudah disediakan
3.
Peserta didik melakukan komunikasi dengan
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas secara lisan lalu mengumpulkan
hasil kerja kelompoknya
|
sumber
belajar : power point
1.
alat peraga : berbagai macam alat ukur dan benda
yang diukur seperti Mistar
2.
Jangka sorong
3.
Mikrometer sekrup
4.
Stopwatch
5.
Timbangan berat badan
6.
Meja
7.
Spidol
8.
Buku
9.
Denyut nadi
10.
Badan manusia
|
Penilaian
Portofolio (diskusi kelompok)
|
LEMBAR KERJA
KELOMPOK 1
“Pengukuran”
Nama
anggota kelompok :
1.
2.
3.
4.
A. Kompetensi
Dasar (KD)
|
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Kd
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat
ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
4.1.1 Menyajikan
hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2 Melakukan
pengukuran dengan satuan baku
4.1.3 Melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4 Melakukan
pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam
kehidupan sehari-hari
|
C. Petunjuk pengerjaan!
1. Membaca
doa sebelum mengerjakan soal
2. Kerjakan
semua soal secara berkelompok
3. Kerjakan
sesuai penjelasan yang sudah dijelaskan oleh guru
D. Alat dan benda
yang digunakan
1.
Mistar
2.
Jangka
sorong
3.
Mikrometer
sekrup
4.
Stopwatch
5.
Timbangan
berat badan
6.
Meja
7.
Spidol
8.
Buku
9.
Denyut
nadi
10.
Badan
manusia
E. Data Tabel
Pengamatan
No
|
Alat
ukur yang digunakan
|
Benda
yang diukur
|
Hasil
pengukuran
|
1.
|
Penggaris
|
Panjang
Buku (cm)
|
|
2.
|
Jangka sorong
|
Diameter
Spidol (cm)
|
|
3.
|
Micrometer
sekrup
|
Tebal
penghapus (mm)
|
|
4.
|
Stopwatch
|
Denyut
nadi (dalam 1 menit)
|
|
5.
|
Timbangan
|
Berat
badan (kg)
|
LEMBAR KERJA KELOMPOK 2
PETUNJUK PENGERJAAN!
1.
Kerjakan
semua soal secara berkelompok!
2.
Kerjakan
sesuai dengan penjelasan dan catatan yang sudah diberikan!
Soal!
1. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Hitunglah hasil pengukuran menggunakan micrometer sekrup
di atas!
Jawab : .............................................................
2. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Hitunglah hasil pengukuran menggunakan jangka sorong
di atas!
Jawab : ................................................................
3. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Hitunglah hasil pengukuran menggunakan neraca di
atas!
Jawab: ..................................................................................
Komentar
Posting Komentar