LATIHAN DAN LEMBAR KERJA KELOMPOK

RABU, 14 AGUSTUS 2019
KELAS 7B DAN 7C
BAHAN AJAR



KD
INDIKATOR
TUJUAN PEMBELAJARAN
SOAL
SKOR
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran  yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.

3.1.1     Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA
3.1.2     Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3     Meyebutkan objek yang di pelajari IPA
3.1.4     Menyebutkan hal yang dapat di ukur (bukan besaran)
3.1.5     Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.6     Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)
3.1.7     Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuanya
3.1.8     Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuanya

1.    Siswa mempu menuliskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA secara urut!

2.    Siswa mampu Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA

3.    Siswa mampu menuliskan salah satu objek yang dipelajari dalam IPA

4.    Siswa mampu  Menyebutkan hal yang dapat di ukur (bukan besaran)

5.    Siswa mampu Membandingkan satuan baku dan tidak baku

6.    Siswa mampu Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

7.    Siswa mampu Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuanya


8.    Siswa mampu Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuanya


1.    Tuliskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA secara urut!

2.    Jelaskan salah satu kegunaan mempelajari IPA!

3.    Tuliskan salah satu objek yang dipelajari dalam IPA!

4.    Tuliskan contoh sesuatu yang tidak dapat diukur!

5.    Berikan contoh satuan baku dan tidak baku!

6.    30 km= …… m

7.    3 ton = ……… pon

8.    Tuliskan minimal 3 besaran pokok beserta satuannya!

9.    Tuliskan minimal 3 besaran turunan beserta satuannya!

 3



2




1


1


2


2

3


3


3
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.1.1     Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.2     Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4   Melakukan pengukuran  besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
9. siswa mampu menghitung hasil pengukuran dengan satuan baku

10.  siswa mampu menghitung besaran panjang, masa, dan waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari

10. 2 jam = ……… detik

11. hitunglah hasil pengukuran menggunakan jangka sorong di bawah ini!


12. Tuliskan macam-macam alat ukur masa, panjang, waktu, dan suhu!

2


2










4




BAHAN AJAR

Kelas               : 7A
Semester           : Ganjil

Jam pertemuan
Kd/ indikator
Tujuan pembelajaran
Langkah pembelajaran
Sumber pembelajaran/alat peraga
Instrumen penilaian
Keterangan
Jam ke 1 sampai 9
Pertemuan ke 4 dan 5
Kd 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

Indicator :
4.1.1   Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil

4.1.2   Melakukan pengukuran dengan satuan baku

4.1.3   Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari

4.1.4 Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
·       Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi,dan mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”.
·       Peserta Didik melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku.
·       Peserta Didik melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·           Peserta Didik dapat melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1.      Peserta didik melakukan pengukuran dengan menggunakan alat dan benda yang telah disiapkan

2.      Peserta didik melakukan pengukuran bersama teman sekelompok dengan menggunakan lembar kerja kelompok yang sudah disediakan

3.      Peserta didik melakukan komunikasi dengan menyampaikan hasil diskusi di depan kelas secara lisan lalu mengumpulkan hasil kerja kelompoknya
sumber belajar : power point

1.      alat peraga : berbagai macam alat ukur dan benda yang diukur seperti Mistar
2.      Jangka sorong
3.      Mikrometer sekrup
4.      Stopwatch
5.      Timbangan berat badan
6.      Meja
7.      Spidol
8.      Buku
9.      Denyut nadi
10.  Badan manusia


Penilaian Portofolio (diskusi kelompok)


 

LEMBAR KERJA KELOMPOK 1
“Pengukuran”

Nama anggota kelompok :
1.
2.
3.
4.

A.   Kompetensi Dasar (KD)
B.   Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kd 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.1.1   Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2   Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.3   Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4   Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari

C.   Petunjuk pengerjaan!
           1. Membaca doa sebelum mengerjakan soal
                      2. Kerjakan semua soal secara berkelompok  
             3. Kerjakan sesuai penjelasan yang sudah dijelaskan oleh guru

D.   Alat dan benda yang digunakan
1.      Mistar
2.      Jangka sorong
3.      Mikrometer sekrup
4.      Stopwatch
5.      Timbangan berat badan
6.      Meja
7.      Spidol
8.      Buku
9.      Denyut nadi
10.  Badan manusia

E.   Data Tabel Pengamatan
No
Alat ukur yang digunakan
Benda yang diukur
Hasil pengukuran
1.
Penggaris
Panjang Buku (cm)

2.
Jangka sorong
Diameter Spidol (cm)

3.
Micrometer sekrup
Tebal penghapus (mm)

4.
Stopwatch
Denyut nadi (dalam 1 menit)

5.
Timbangan
Berat badan (kg)





LEMBAR KERJA KELOMPOK 2


PETUNJUK PENGERJAAN!
1.      Kerjakan semua soal secara berkelompok!
2.      Kerjakan sesuai dengan penjelasan dan catatan yang sudah diberikan!

Soal!
         1. Perhatikan gambar di bawah ini! 

    Hitunglah hasil pengukuran menggunakan micrometer sekrup di atas!
    Jawab :      .............................................................



 
    
       2. Perhatikan gambar di bawah ini!

   Hitunglah hasil pengukuran menggunakan jangka sorong di atas!
   Jawab :       ................................................................



 

      3. Perhatikan gambar di bawah ini!

  Hitunglah hasil pengukuran menggunakan neraca di atas!
    Jawab:    ..................................................................................








Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN (KOMPONEN BIOTIK & ABIOTIK)

Peran organism tanah serta peran tanah dan cara melestarikannya

PENERAPAN MEDAN MAGNET & GGL INDUKSI