PERTEMUAN KE 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP


BAHAN AJAR
HARI / TANGGAL        : 29 - 8 - 2019
KELAS                           : 7D, 7C, 7E, 7B
SEMESTER                   : Ganjil
Alokasi Waktu
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Sumber Belajar/Alat Peraga
Instrumen Penilaian
Hasil
15 JP
(5 Pertemuan)
KD. 3.1
Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
IPK.
3.2.1          Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
3.2.2          Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah.
3.2.3          Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
3.2.4          Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.5          Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.6          Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
3.2.7          Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
3.2.8          Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
3.2.9          Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
3.2.10      Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.11      Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
Ø Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan benda-benda  di sekitar yang bersifat alamiah.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan benda- benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
Ø Peserta Didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan perbedaan makhluk hidup  dengan benda tak hidup.
Ø Peserta Didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan cirri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
Ø Peserta Didik dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
Kegiatan Pendahuluan
1.         Orientasi
2.         Apersepsi
3.         Motivasi
4.         Pemberian Acuan
Kegiatan Inti
1.         Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
2.         Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi
masalah)
3.         Data collection
(pengumpulan data)
4.         Data processing
(pengolahan Data)
5.         Verification / Pembuktian
6.         Generalizatio
(menarik kesimpulan)
Penutup
Sumber Belajar :
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Alat Peraga :
1. Laptop
2. Slide
3. LCD Infocus
Penilaian :
1.      Pengetahuan
2.      Sikap


Tabel klasifikasi

no
Nama tumbuhan
Kelompok/manfaat













  kelompokkanlah tanaman-tanaman di bawah ini ke dalam tabel di atas sebagai tanaman pangan atau tanaman hias! 







 


MATERI AJAR KUNCI DETERMINASI

Kunci determinasi adalah suatu kunci yang digunakan untuk identifikasi makhluk hidup berupa keterangan tentang ciri-ciri makhluk hidup. Identifikasi merupakan kegiatan dasar dalam taksonomi. Identifikasi mencakup dua kegiatan, yaitu klasifikasi dan tata nama. Salah satu kunci identifikasi ada yang disusun dengan menggunakan ciri-ciri taksonomi yang saling berlawanan. Tiap langkah dalam kunci tersebut terdiri atas dua alternatif (dua ciri yang saling berlawanan) sehingga disebut kunci dikotomis.


PENGERTIAN Kunci Determinasi
Kunci determinasi atau kunci dikotom adalah cara atau langkah untuk mengenali organisme dan mengelompokkannya pada takson makhluk hidup. Kunci dikotomis terdiri dari sederetan pernyataan yang terdiri dari dua baris untuk mengelompokkan atau menggolongkan makhluk hidup, dan berisi deskripsi dari ciri-ciri organisme yang disajikan dengan ciri yang berlawanan.

CARA MEMBUAT KUNCI DETERMINASI


 Untuk membuat kunci determinasi perlu memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Kunci harus dikotom (berlawanan), sehingga satu bagian dapat diterima, sedangkan yang lain ditolak
  2. Ciri yang dimasukkan mudah diamati
  3. Deskripsi karakter dengan istilah umum sehingga dapat dimengerti orang
  4. Menggunakan kalimat sesingkat mungkin
  5. Setiap kuplet diberi nomor
  6. Kata pertama dari setiap pernyataan dalam satu kuplet harus identik
            Contoh : Tumbuhan memiliki bunga …………….
            Tumbuhan tidak memiliki bunga ……….
  1. Hindari pemakaian kisaran yang tumpang tindih atau hal-hal yang bersifat relatif dalam kuplet
          Contoh: Panjang daun 4 – 8 cm

Daun besar atau kecil

Salah satu kunci identifikasi disusun dengan menggunakan ciri-ciri taksonomi yang saling berlawanan. Tiap langkah dalam kunci tersebut terdiri atas dua alternatif (dua ciri yang saling berlawanan).

CARA MENGGUNAKAN KUNCI DETERMINASI


Kunci determinasi dibuat secara bertahap, sampai bangsa saja, suku, marga, atau jenis dan seterusnya. Ciri-ciri tumbuhan disusun sedemikian rupa sehingga selangkah demi selangkah si pemakai kunci dipaksa memilih satu di antara dua atau beberapa sifat yang bertentangan. Demikian seterusnya, hingga akhirnya diperoleh suatu jawaban berupa identitas tumbuhan yang diinginkan. Cara menggunakan kunci determinasi meliputi beberapa tahapan berikut ini.
  1. Bacalah dengan teliti kunci determinasi mulai dari permulaan, yaitu nomor 1a.
  2. Cocokkan ciri-ciri tersebut pada kunci determinasi dengan ciri yang terdapat pada makhluk hidup yang diamati.
  3. Jika ciri-ciri pada kunci tidak sesuai dengan ciri makhluk hidup yang diamati, harus beralih pada pernyataan yang ada di bawahnya dengan nomor yang sesuai. Misalnya, pernyataan 1a tidak sesuai, beralihlah ke pernyataan 1b.
  4. Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci determinasi sesuai dengan ciri yang dimiliki organisme yang diamati, catatlah nomornya. Lanjutkan pembacaan kunci pada nomor yang sesuai dengan nomor yang tertulis di belakang setiap pernyataan pada kunci.
  5. Jika salah satu pernyataan ada yang cocok atau sesuai dengan makhluk hidup yang diamati, alternatif lainnya akan gugur. Sebagai contoh, kunci determinasi memuat pilihan:
  • tumbuhan berupa herba, atau
  • tumbuhan berkayu.
Jika yang dipilih adalah 1a (tumbuhan berupa herba), pilihan 1b gugur.
  1. Begitu seterusnya hingga diperoleh nama famili, ordo, kelas, dan divisio atau filum dari makhluk hidup yang diamati.

CONTOH KUNCI DETERMINASI TUMBUHAN

 
  1. a. Tumbuhan dengan ciri batangnya termasuk dalam batang tidak sejati atau tidak memiliki alat tubuh yang menyerupai batang ………….. Lumut hati
  2. Tumbuhan dengan batang sejati atau memiliki alat tubuh  yang menyerupai batang … (2)
  3. a. Pada batang tidak diketemukan pembuluh …………….Lumut daun
  4. Pada batang terdapat jaringan pembuluh …………………. (3) 
  5. a. Tumbuhan tidak berbunga ……………………………………..(4)
  6. Tumbuhan berbunga atau memiliki organ yang berfungsi seperti bunga … (4)  
  7. a. Pada daun terdapat bintik kuning atau coklat, jika ditekan akan keluar serbuk kecil ….Tumbuhan paku 
  8. Pada daun tidak diketemukan adanya bintik kuning atau coklat …….. (5) 
  9. a. Tumbuhan tidak dengan bunga sejati, pada ujung ranting atau ketiak daun terdapat badan berbentuk kerucut yang menghasilkan bakal biji …….. Gymnospermae
  10. Tumbuhan dengan bunga sejati dan tidak mempunyai organ berbentuk kerucut pada ujung atau ketiak daunnya …… (6) 
  11. a. Berakar serabut ……………………….. (7) 
  12. Berakar tunggang ………………………..(8) 
  13. a. Batang berongga ……………………..Padi
  14. Batang tidak berongga ……………………….. Jagung
  15. a. Bunga berbentuk kupu-kupu …………….Kacang
  16. Bunga berbentuk terompet ………………….. Terong

CONTOH KUNCI DETERMINASI HEWAN




  1. a. Homoiotermis…………………………….. (2)
  2. Poikilotermis ………………………………….(8)
  3. a. Hidup di darat ………………………………. (3)
  4. Hidup di air …………………………………………(5)
  5. a. Memiliki rambut atau bulu ………………….(4)
  6. Memiliki zat tanduk ………………………………..(8)
  7. a. Ada kelenjar susu ……………………………….Mamalia
  8. Tidak ada kelenjar susu ………………………..Aves
  9. a. Alat gerak sirip …………………………………(6)
  10. Alat gerak bukan sirip …………………………(7)
  11. 6. a. Bernapas dengan paru-paru ………… (9)
  12. Bernapas dengan insang ………………………..Pisces
  13. a. Jantung 3 ruang ………………………………Amphibia
  14. Jantung 4 ruang ……………………………………Reptil

Saran-saran dalam penggunaan kunci determinasi

  1. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan yang akan dideterminasi (kalau ada lengkap vegetatif dan generatif)
  2. Pilih kunci yang sesuai dengan materi tumbuhan dan daerah geografi di mana tumbuhan tersebut diperoleh
  3. Baca pengantar kunci tersebut dan semua singkatan atau hal-hal lain yang lebih rinci
  4. Perhatikan pilihan yang ada secara hati-hati
  5. Hendaknya semua istilah yang ada dipahami artinya. Gunakan glossary atau kamus.
  6. Bila spesimen tersebut tidak cocok dengan semua kunci dan semua pilihan layaknya tidak kena, mungkin terjadi kesalahan, ulangi ke belakang.
  7. Apabila kedua pilihannya mugkin, coba ikuti keduanya
  8. Konfirmasikan pilihan tersebut dengan membaca deskripsinya

Spesimen yang berhasil dideterminasi sebaiknya diverifikasi dengan ilustrasi atau specimen herbarium yang ada.
MENDETERMINASI
Ciri umum Kambing (Cepra aegragus) _Mamalia_
  • Memiliki tanduk
  • Memiliki ekor yang pendek
  • Hewan herbivore
  • kambing memiliki hidung, mata dan tandukyang silindris, 2 buah bola mata, dan 2 buah tanduk, gigi terletak pada kedua rahang dan berdeferensiasi sesuai dengan makanannya
  • memiliki tulang tempurung kepala, leher yang terdiri atas 7 ruas, punggung, dan ekor yang panjang dan dapat digerak-gerakkan
  • memiliki empat anggota kaki dengan telapak
  • dan pada betina nampak puitng susu.






Ciri umum Sapi (Bos indicus)_Mamalia_
  • Memiliki kaki depan dan belakang yang sama panjang,
  • Memiliki sepasang tanduk yang tersusun oleh zat keratin,
  • ada umumnya berponok atau disebut juga dengan istilah berkelasa, walaupun ada juga yang tidak berponok
  • Pada bagian ujung telinga meruncing
  • Kepala panjang dengan dahi sempit
  • Kulit longgar dan tipis (5-6 mm)
  • Kelenjar keringat besar
  • Timbunan lemak rendah.
  • Garis punggung pada bagian tengah berbentuk cekung dan pada bagian tunggingnya miring.
  • Bahu pendek, halus dan rata.
  • Kakinya panjang sehingga bergerak lincah






KUNCI DIKOTOMI VERTEBRATA

1b….7b….8b….9b….10b….11b….12a….…….Ord
1.a.Karnivora………………………………………………………………Nomor 2
b.Herbivora…………………………….……………………..…………Nomor 7
c.Omnivora……….…………………………………………………….Nomor13
2.a.Memiliki Puting Susu………………………………………………Nomor 4
b.Tidak Memiliki Puting susu……………………………………….….Nomor 3
3.a.Berbentuk Ikan……………………….…………………………………Cetacea
b.Berbentuk seperti mamalia pada umumnya…………………….Monotremata
4.a.Pemakan daging…………………………………………………….Karnivora
b.Pemakan Serangga…………………………………………………..Nomor 5 5.a.Memiliki Gigi……….……………………………………………….Insectivora
b.Tidak memiliki …………………………………………………..…Nomor 6
6.a.Bersisik………………………………………………………………..Pholidota
b.Berkulit perisai…….……………………………………………….…Edentata
7.a.Memiliki kantung……………………………………………………Marsupilia
b.Tidak memiliki kantong ………………………………………….…Nomor 8 8.a.Hidup di air……………………………………………………..………Sirenia
b.Hidup di Darat…………………….………………………….….….Nomor 9
9.a.Memiliki belalai……..……………………………………………..Proboscidae
b.Tidak memiliki belalai ………………………………………………Nomor 10 10.a.Kaki depan pendek……………………………………………Lagomorpha
b.Kaki depan dan belakang sama…………………………….……..Nomor 11
11.a.Berukuran lebih kecil dari 20 cm………………………………..Scadentia
b.Berukuran lebih besar dari 20 cm……………………………………Nomor 12 12.a.Berkuku jari genap…………………………………….……..Artiodactyla
b.Berkuku jari ganjil………………………………………..…..Perissodactyla
13.a.Modifikasi tubuh untuk terbang…………………………………Chiroptera
b.Tidak dapat terbang…………………………………………….…Nomor 14 14.a.Ibu jari yang dapat disentuhkan ke jari lain……………………..Primata
b.Ibu jari yang tidak dapat disentuhkan ke jari lain…………..………..Rodentia

Kunci determinasi per Ordo

Pholidota
1. Tubuh bersisik keras…………………………………………… Manidae
Manidae
1.a.Jenis Asia…….………………………………………………………….Manis
b.Jenis Afrika……..…………………………………………..….…….Phataginus
Proboscidae
1.Keluarga gajah..……………………………………………………..Elephantidae
Elephantidae
1.a.Jenis Asia (belalai kaku) …………………………………………………..Elephas
b.Jenis Afrika (belalai lemas)……………………………………………Loxodanta
Scadentia
1.Keluarga tupai………………………………………………………….…Tupaiidae
Tupaiidae
1.a.Ekor kecil…….………………………………………………………………..Dendrogale
b.Ekor panjang………………….…………………………………………………Tupaia
Monotremata
1.a.Tubuh ditutupi bulu halus….……..……………………… .Ornithorhynchidae
b.Tubuh ditutupi duri kasar….…..……………………………Tachyglossidae
Ornithorhynchidae
1.a.Platypus modern………….….……………………………………..Ornithorhynchus
b.Platypus kuno (punah)….….……………………………………Obdurodon
Tachyglossidae
1.a.Echidna moncong panjang……………………………………………Zaglossus
b.Echidna moncong pendek…….………………………………Tachyglossus
Chiroptera
1.a.Berukuran besar………..………………………………………Megachiroptera
b.Berukurankecil……………..……………………………………Microchiroptera
Megachiroptera
1.Memiliki moncong panjang…………………………………..…..Pteropodidae
Microchiroptera
1.a.Ekor tikus………..……………………………………………Rhinopomiatidae
b.Ekor pelapah……….………..…………………..…………….Emballonuridae
2.a.Jenis biasa………..………………………………………..Vespertilionidae
b.Jenis Muka cekung…….……….………………………………Nycteridae
Rodentia
1.a.Tubuh dilindungi duri…………………….…………………………Nomor 2
b.Tubuh tidak dilindungi duri ………………………..…………………Nomor 3
2.a.Duri pelindung pendek…………………….……………………Erethizontidae
b.Duri pelindung lebih panjang…………….……………….……….Hystricidea
3.a.Gigi seri sangat kuat………………………………………….….Castoridae
b.Gigi seri tidak terlalu kuat………………………………….………Muridae
Erethizontidae
1.a.Ekor kecil………………………………….…………………………..Dendrogale
b.Ekor panjang……………….……………………………………………Tupaia
Hystricidae
1.a.Landak padi…………….………………………………………………..Trichys
b.Landak Nibung……………….……………….……………………… Atherurus
Muridae
1.a.Tikus……….……………………………………………………………Rattus
b.Mencit……………………………………………………………….Mus
Marsupialia
1.a.Meloncat dengan kaki belakan…………………………………Macropodidae
b.Meloncat dengan ekor (di atas pohon)………….……………Phalangeridae
Macropodidae
1.a.Jenis Australia……….…..…………………………………………..Macropus
b.Jenis Irian….……………………………………………………….Dendrolagus
Phalangeridae
1.a.Hidup di hujan tropis….…….………………………………………Ailurops
b.Hidup di barat laut Australia………….……………………………..Wyulda
Lagomorpha
1.a.Telinga besar membulat…………………….…………………Ochotonidae
b.Telinga panjang………..………………………………………….…Leporidae
Ochotonidae
1.Ukuran kecil…….….………………………………………………….Ochotona
Leporidae
1.a.Sering bersembunyi di terowongan tanah………………………Oryctolagus
b.Sering muncul di permukaan…..……………………………………..Lepus
Cetacea
1.a.Makan dengan gigi……………………………………………………Nomor 2
b.Makan dengan baleen……………………..……..……………………..Balaenidae
2.a.Tidak Memiliki Moncong………………….…..………………………Nomor 3
b.Memiliki Moncong……………………..………………………….….Nomor 4 3.a.Lehernya terpisah……………………..………………………Monodontidae
b.Lehernya menyatu……………………..……………………….Phocoenidae 4.a.Paus……………………..……………………………………….Ziphiidae
b.Lumba-Lumba…………………..……………………………….…..Nomor 5
5.a.Hidup di lautan……………………….……………………………Delphinidae
b.Hidup di sungai. …………………………………..……………….Platanistidae
Delphinidae
1.a.Memiliki Moncong…….….………………………………………Delphinus
b.Berhidung botol………………….………….……………………..…….Tursiops
Edentata
1.a.Mempunyai moncong…………..………………………………………….……………Nomor 2
b. Tidak mempunyai moncong……..…………………..…………….Nomor 3
2.a.Kukunya besar dan tajam……………….………………Myrmecophagidae
b.Kukunya kecil………………………………………….…………Dasypodidae
3.a.Berjari tiga……………………………………………………….. Bradypodidae
b.Berjari dua……………………………………………………. Megalonychidae
Dasypodidae
Armadillo……………………………………………………………Priodontes
Carnivora
1.a.Keluarga Kucing……………………………………………………….Felidae
b.Keluarga anjing……..…………………………….…………………….Canidae
Felidae
1.a.Berukuran kecil…………………………………………………………..Felis
b.Ukuran besar…….………………………………………………….Panthera
Canidae
Anjing…………………………………………………………………Canis
Perissodactyla
1.a.Bertubuh ramping……..………………………………………………Equidae
b.Bertubuh pendek dan gemuk………….…………………………Nomor 2
2.a.Memiliki Cula………………………………………………………Rhinocirotidae
b.Tidak Memiliki cula………….…………………………….…………Tapiridae
Equidae
Jenis keluarga kuda …………………….……………………………………..Equus
Rhinocirotidae
1.a.Bercula satu……………………………………………..…………Rhinoceros
b.Bercula dua………………………………….…….………………………Diceros
Artiodactyle
1.a.Sistem pencernaan sederhana……………………………………………Suidae
b.Sistem pencernaan kompleks………………………………………Bovidae
Suidae
1.a.Taringmenonjol…………………………………………………Babyrousa
b.Taring tidak menonjol…..…………………………….………………….Sus
Bovidae
1.a.Berukuran sedang……………………………………………………..Capra
b.Ukuran besar…….………………………………………………………Bovinae
Primata
1.a.Tarsal kaki belakang panjang.…………………………….………Tarsiidae
b.Kaki berukuran sama………………………………………………..Nomor 2
2.a.Monyet dunia baru……………………………………………………Cebidae
b.Monyet Dunia lama…………………………………….…..Cercopithecidae


Jawaban kunci determinasi hewan yang dibandingkan
Kambing
Klasifikasi Ilmiah :
Kerajaan                      : Animalia
Filum                           : Chordata
Kelas                           : Mammalia
Ordo                            : Artiodactyla
Familia                        : Bovidae
Subfamilia                   : Caprinae
Genus                          : Capra
Spesies                        : Capra aegagrus


Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Umumnya, kambing mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter – 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter – 15 sentimeter. Bobot yang betina 50 kilogram – 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram.


Kunci Dikotomi: 1b….7b….8b….9b….10b….11b….12a….…….Ordo Artiodactylac
1b……….Famili Bovidae
1a……….Genus Canis
Sapi
Klasifikasi Ilmiah:
Kerajaan                      : Animalia
Filum                           : Chordata
Kelas                           : Mammalia
Ordo                            : Artiodactyla
Famili                          : Bovidae
Upafamili                    : Bovinae
Genus                          : Bos
Spesies                        : Bos Indicus
Sapi adalah hewan ternak dari familia Bovidae dan subfamilia Bovinae. Selain dipelihara untuk bercocok tanah (menarik bajak, dan lain-lain), sapi juga diambil susu dan dagingnya.
Kunci Dikotomi:  1b….7b….8b….9b….10b….11b….12a….…….Ordo Artiodactylae


Contoh soal kunci determinasi

Buatlah kunci determinasi untuk: Rumput teki, kunyit dan melinjo
  1. Rumput teki: 1a, 2b, 3b, 4a, 7b, 8b, 9a ( Cyperaceae )
  2. Kunyit: 1a, 2b, 3b, 4a, 7a ( Zingiberaceae )
  3. Melinjo: 1a, 2b, 3a ( Gymnospermae )


Kunci dikotom filum Arthropoda :
1a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ……… Insekta
1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut …………. 2
2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut ……………..3
2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas ……………. 4
3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki ……………….. … Arachnida
3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ……………. Crustacea
4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki…… Chilopoda
4b. Badan gilig beruas-ruas , tiap ruas terdapat 2 pasang kaki…… Diplopoda


Kelabang atau lipan yang sedang diamati seorang siswa mempunyai ciri-ciri ..
A. 1a, 2b, 3a, 4b
B. 1b, 2a, 3a, 4a
C. 1b, 2b, 3b, 4b
D. 1b, 2b, 4a
E. 1b, 2a, 3b


Jawab D
Prinsipnya kunci determinasi ini mudah, mencari kuncinya dari belakang kalau udah tahu kelabang yang tubuhnya berkaki banyak dan gepeng golongan chilooda ya langsung kunci no 4 a itu dari angka berapa ya langsung . sekali lagi jangan dari depan angka 1a/1b


Contoh lagi ya , biar OK
Perhatikan kunci determinasi ini
1. a. Tanaman bergetah ………………………………………… 8.
b. Tanaman tanpa getah ……………………………………….2.
2. a. Daun berbentuk ginjal atau jantung, bertulang menjari, tepi daun beringgit atau berlekuk, merayap, bunga berbentuk payung……………… Umbeliferae.
b. b. Daun tidak berbentuk ginjal atau jantung ……………………………………………………..…3
3. a. Mempunyai seludang daun yang memeluk batang, kadang-kadang mempunyai selaput bumbung yang memeluk batang ………………………………………………………………………………………………………..…..4
b. Tidak ada seludang daun yang jelas ………………………………………..…7.
4. a. Tulang lateral banyak, lurus dan segar, tegak lurus, atau bersudut besar dengan ibu tulang daun ……………………………………….…………………………………………………………………………..…5.
b. Tulang lateral tidak demikian …………………………….…… 6
5. a. Batang berdaun tegak dengan pelepah daun memeluk batang, ada rishoma (akar rimpang) …………………………………………………. Zingiberaceae
b. Batang tidak demikian …………………………………………………….…9
Tahapan identifikasi dari famili Zingiberaceae adalah….
A. 1a, 2b, 3a, 4b, 5a.
B. 1b, 2b, 3a, 4,a, 5a
C. 1a, 2a,3a, 4a, 5a
D. 1a, 2b, 3a, 4b, 5a
E. 1a, 2b,3a, 4a, 5b
Jawab : Zingiberaceae kan di nomer 5a , lha 5a itu dari no 4a dan no 4a itu dari 3a ya udah jawab aja C . Pasti benar .OK


Perhatikan kunci determinasi ini
1.
a.
Bertulang belakang …………………………………………….. 2

b.
Tidak bertulang belakang……………………………………..  15
2.
a.
Berdarah panas …………………………………………………. 3

b.
Berdarah dingin …………………………………………………. 3
3.
a.
Penutup tubuh berupa rambut ………………………………… 4

b.
Penutup tubuh bukan berupa rambut ………………………… 5
4.
a.
Memiliki anggota gerak yang fungsinya sama ………………. 8

b.
Memiliki anggota gerak yang fungsinya tidak sama ………… 9
5.
a.
Bersisik  ………………………………………………………….  6

b.
Tidak bersisik ……………………………………………………. 7
6.
a.
Habitat di air ……………………………….…………………… 11

b.
Habitat di darat …………………………………………………  12
7.
a.
Berbulu ……………………………………………………….… 10

b.
Tidak berbulu ………………………………………………….. 13
  1. Kunci identifikasi yang tepat untuk ikan emas (Cyprinus carpio ) adalah …
  1. 1a,2b,3b, 5a,6b             D. 1a, 2a,3b,5a,6a
  2. 1a,2b,3a,4a                   E. 1a, 2a, 3a, 4a
  3. 1a,2b,3b,5b,7b
  1. Kunci identifikasi yang tepat untuk gajah (Elephas maximus) adalah ….
  1. 1a,2b,3b, 5a,6b             D. 1a, 2a,3b,5a,6a
  2. 1a,2b,3a,4a                   E. 1a, 2a, 3a, 4a
  3. 1a,2b,3b,5b,7b
  1. Kunci identifikasi yang tepat untuk komodo (Varanus komodoensis) adalah …
  1. 1a,2b,3b, 5a,6b             D. 1a, 2a,3b,5a,6a
  2. 1a,2b,3a,4a                   E. 1a, 2a, 3a, 4a
  3. 1a,2b,3b,5b,7b
  1. Kunci identifikasi yang tepat untuk merpati (Columba livia) adalah ….
  1. 1a,2b,3b, 5a,6b             D. 1a, 2a,3b,5a,6a
  2. 1a,2b,3a,4a                   E. 1a, 2b, 3b, 5b, 7a
  3. 1a,2b,3b,5b,7b
  1. Kunci identifikasi yang tepat untuk katak (Rana sp.) adalah ….
  1. 1a,2b,3b, 5a,6b             D. 1a, 2a,3b,5a,6a
  2. 1a,2b,3a,4a                   E. 1a, 2a, 3a, 4a
  3. 1a,2b,3b,5b,7b
  1. a. Tanaman bergetah ………………………………..…………………….2
  2. Tanaman tanpa getah …………………………..………………………….
  1. a. Daun berbentuk ginjal atau jantung, bertulang menjari, tepi daun beringgit atau berlekuk, merayap, bunga berbentuk payung ………… umbeliferae.
  2. b. Daun tidak berbentuk ginjal atau jantung …………………………………3
  1. a. Mempunyai seludang daun yang memeluk batang, kadang-kadang mempunyai selaput bumbung yang memeluk batang ……………..……4
  2. Tidak ada seludang daun yang jelas ……………………………………….
  1. a. Tulang lateral banyak, lurus dan segar, tegak lurus, atau bersudut besar dengan ibu tulang daun ……………………………………….…….5
  2. Tulang lateral tidak demikian ……………………………………………….8
  1. a. Batang berdaun tegak dengan pelepah daun memeluk batang, ada rishoma (akar rimpang) ……………………………..………. Zingiberaceae
  2. Batang tidak demikian ………………………..….…………………………6
  1. a. Batang dengan banyak buku yang berselaput bumbung pipih di dalam ketiak daun …………………………………………………..…. Polygonaceae
  2. Tidak ada selaput bumbung diketiak daun, seludang terbentuk dari tangkai daun …………………………………………………………………..7
  1. a. Bakal buah menumpang (di atas). Bunga sedikit atau banyak terdapat di dalam daun pelindung yang terlipat ……………………. Commelinaceae
  2. Bakal buah tidak terlindung diantara daun pelindung ……… Cannaceae
  1. a. Daun berbentuk kupu-kupu membelah dua ……………. Caecalpinaceae
  2. Daun tidak berbentuk kupu-kupu ………………….………………………9
  1. a. Daun memanjang dengan tulang daun sejajar ………….……………10
  2. Susunan tulang daun menjari atau menyirip
  1. a. Tepi daun beerduri tempel …………………….………..………………..
  2. Tanaman tidak berduri tempel ……………………………… Liliaceae




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERAPAN MEDAN MAGNET & GGL INDUKSI

KELAINAN & PENYAKIT PADA SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Peran organism tanah serta peran tanah dan cara melestarikannya