LATIHAN
Senin/30 September 2019
Kelas : 7A
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG KELAS : VII (TUJUH)
KURIKULUM : KURIKULUM 2013
Kelas : 7A
KISI-KISI
MID SEMESTER GANJIL KELAS VII KURIKULUM 2013
MATA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
KURIKULUM : KURIKULUM 2013
KOMPETENSI INTI (KI.3)
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
Bentuk
Soal
|
No. Soal
|
||
3
|
Memahami dan menerap kan
pengetahuan (faktual, konsep-tual, dan prosedural) berdasar-kan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
|
Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri,
makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan
satuan standar (baku) dalam pengukuran
|
Mempelajari IPA
|
Peserta
Didik dapat menjelaskan tiga
komponen
keterampilan proses/metode
ilmiah
penyelidikan IPA (pengamatan,
inferensi,
dan komunikasi) berdasarkan
kegiatan-kegiatan
yang telah dilakukan
|
Pilihan Ganda
|
1
|
Besaran
|
Peserta
Didik dapat menyebutkan
segala sesuatu yang dapat diukur
|
Pilihan Ganda
|
2
|
||||
Alat ukur
|
Peserta
Didik dapat menghitung
menggunakan jangka sorong
|
Pilihan Ganda
|
3
|
||||
Mempelajari IPA
|
Peserta
Didik memahami
cara mengomunikasikan dalam penyelidikan ipa
|
Pilihan Ganda
|
4
|
||||
3.2
|
Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan
karakteristik yang diamati
|
Ciri makhluk hidup
|
Peserta
Didik dapat menyebutkan
Ciri-ciri makhluk hidup
|
Pilihan Ganda
|
5
|
||
Klasifikasi Makhluk hidup
|
Peserta didik dapat
memberikan contoh kelompok Protista
|
Pilihan Ganda
|
6
|
||||
Klasifikasi Makhluk hidup
|
Diberikan suatu ciri hewan, peserta didik diminta
memberikan contoh hewan dari ciri tersebut
|
Pilihan Ganda
|
7
|
||||
Besaran dan satuan
|
Peserta didik diminta
untuk mengkonversikan satuan massa
|
Pilihan Ganda
|
8
|
||||
Ciri Makhluk Hidup
|
Diberikan suatu gambar, peserta didik diminta
menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup dari gambar tersebut
|
Pilihan Ganda
|
9
|
||||
Mikroskop
|
Peserta didik menyebutkan fungsi salah satu bagian
mikroskop
|
Pilihan Ganda
|
10
|
||||
Ciri makhluk hidup
|
Disajikan ciri makhluk hidup, peserta didik diminta
menyebutkan contoh makhluk hidup dari ciri tersebut
|
Pilihan Ganda
|
11
|
||||
Alat ukur
|
Disajikan suatu alat ukur massa, peserta didik diminta
menghitung menggunakan alat ukur tersebut
|
Pilihan Ganda
|
12
|
||||
Ciri makhluk hidup
|
Disajikan ciri makhluk hidup, peserta didik diminta
menyebutkan contoh makhluk hidup dari ciri tersebut
|
Pilihan Ganda
|
13
|
||||
Ciri makhluk hidup
|
Peserta didik diminta
menyebutkan ciri dari salah satu kelompok hewan invertebrate
|
Pilihan Ganda
|
14
|
||||
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
Peserta didik diminta menyebutkan salah satu kelompok
hewan invertebrate
|
Pilihan Ganda
|
15
|
||||
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
Peserta didik
diminta mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan manfaat
|
Pilihan Ganda
|
16
|
||||
Mikroskop
|
Disajikan gambar
mikroskop, peserta didik diminta menyebutkan bagian mikroskop yang ditunjuk
|
Pilihan Ganda
|
17
|
||||
Klasifikasi makhluk hidup
|
Disajikan suatu contoh makhluk hidup, peserta didik
diminta mengelompokkannya
|
Pilihan Ganda
|
18
|
||||
Klasifikasi makhluk hidup
|
Disajikan suatu ciri makhluk hidup, peserta didik
diminta mengelompokkan makhluk hidup tersebut
|
Pilihan Ganda
|
19
|
||||
Klasifikasi makhluk hidup
|
Disajikan suatu kelompok tumbuhan, peserta didik
diminta memberikan contoh dari kelompok tersebut
|
Pilihan Ganda
|
20
|
||||
Kunci determinasi
|
Disajikan suatu kunci determinasi, peserta didik
diminta menyebutkan urutan kode kunci determinasi tersebut beserta cirinya
|
Essai
|
1
|
||||
Kunci determinasi
|
Disajikan suatu kunci determinasi, peserta didik
diminta menyebutkan urutan kode kunci determinasi tersebut beserta cirinya
|
Essai
|
2
|
||||
Kunci determinasi
|
Disajikan suatu kunci determinasi, peserta didik
diminta menyebutkan urutan kode kunci determinasi tersebut beserta cirinya
|
Essai
|
3
|
||||
Besaran Pokok
|
Disajikan suatu tabel besaran pokok, peserta didik
diminta melengkapi tabel tersebut
|
Essai
|
4
|
||||
Besaran Pokok
|
Disajikan suatu
tabel besaran pokok, peserta didik diminta melengkapi tabel tersebut
|
Essai
|
5
|
||||
Besaran Pokok
|
Disajikan suatu tabel besaran pokok, peserta didik
diminta melengkapi tabel tersebut
|
Essai
|
6
|
||||
Besaran Pokok
|
Disajikan suatu tabel besaran pokok, peserta didik
diminta melengkapi tabel tersebut
|
Essai
|
7
|
||||
Besaran Turunan
|
Disajikan suatu tabel besaran turunan, peserta didik
diminta melengkapi tabel tersebut
|
Essai
|
8
|
||||
Besaran Turunan
|
Disajikan suatu tabel besaran turunan, peserta didik
diminta melengkapi tabel tersebut
|
Essai
|
9
|
||||
Besaran Turunan
|
Disajikan suatu tabel besaran turunan, peserta didik
diminta melengkapi tabel tersebut
|
Essai
|
10
|
Kerjakanlah soal di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1. Tuliskan 3 tahapan penyelidikan ipa?
2. Tuliskan 2 cara mengomunikasikan?
3. Tuliskan ciri2 yg di miliki oleh jamur?
4. Tuliskan 1 contoh protista mirip hewan & mirip tumbuhan?
5. Tuliskan 1 contoh hewan dari kelompok coelenterata, porifera, dan Arthropoda?
6. 4 kg = ..... Pon
7. 2 kg = ..... Ton
8. Berikan 2 ciri & 1 contoh dari tumbuhan Gymnospermae & Angiospermae?
9. Tuliskan 8 kelompok Invertebrata & 5 Vertebrata!
10. Tuliskan fungsi dari lensa okuler, lensa objektif, meja, dan sekrup pengarah kasar yg terdapat pada mikroskop?
2. Tuliskan 2 cara mengomunikasikan?
3. Tuliskan ciri2 yg di miliki oleh jamur?
4. Tuliskan 1 contoh protista mirip hewan & mirip tumbuhan?
5. Tuliskan 1 contoh hewan dari kelompok coelenterata, porifera, dan Arthropoda?
6. 4 kg = ..... Pon
7. 2 kg = ..... Ton
8. Berikan 2 ciri & 1 contoh dari tumbuhan Gymnospermae & Angiospermae?
9. Tuliskan 8 kelompok Invertebrata & 5 Vertebrata!
10. Tuliskan fungsi dari lensa okuler, lensa objektif, meja, dan sekrup pengarah kasar yg terdapat pada mikroskop?
Komentar
Posting Komentar