MENGAMATI BENDA KECIL DENGAN MENGGUNAKAN MIKROSKOP
PERTEMUAN 13 & 14
Perhatikan gambar di bawah ini!
amatilah suatu preparat menggunakan alat tersebut!
Perhatikan gambar di bawah ini!
amatilah suatu preparat menggunakan alat tersebut!
BAHAN AJAR
HARI / TANGGAL : Kamis/12 - 9 - 2019
KELAS : 7D, 7C, 7E, 7B
SEMESTER : Ganjil
Alokasi Waktu
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Hasil
|
15 JP
(5 Pertemu an)
|
KD. 3.1
Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
IPK.
3.2.1 Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
3.2.2 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah.
3.2.3 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
3.2.4 Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.5 Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.6 Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
3.2.7 Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
3.2.8 Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
3.2.9 Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
3.2.10 Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.11 Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
|
Ø Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan benda- benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
Ø Peserta Didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
Ø Peserta Didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
Ø Peserta Didik dapat menjelaskan cirri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
Ø Peserta Didik dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Orientasi
2. Apersepsi
3. Motivasi
4. Pemberian Acuan
Kegiatan Inti
1. Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
2. Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi
masalah)
3. Data collection
(pengumpulan data)
4. Data processing
(pengolahan Data)
5. Verification / Pembuktian
6. Generalizatio
(menarik kesimpulan)
Penutup
|
Sumber Belajar :
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Alat Peraga :
1. Laptop
2. Slide
3. LCD Infocus
|
Penilaian :
1. Pengetahuan
2. Sikap
3. Ke
|
Komentar
Posting Komentar