PRAKTIKUM ASAM BASA
BAHAN AJAR
HARI / TANGGAL : kamis / 24 - 10 - 2019
KELAS : VII ( Tujuh )
SEMESTER : Ganjil
Jam
Pertemuan
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Ket
|
KD. 3.3
Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
IPK.
3.3.1 Menggolongkan karakteristik materi.
3.3.2 Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
3.3.3 Menjelaskan metode pemisahan campuran.
|
§ Dengan diberikan daftar benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Peserta Didik dapat menggolongkan karakteristik materi.
§ Dengan diberikan LKS Peserta Didik dapat menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
§ Dengan melakukan percobaan, Peserta Didik dapat menyelidiki bahan-bahan alam yang dapat dijadikan sebagai Indikator alami.
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Orientasi
2. Apersepsi
3. Motivasi
4. Pemberian Acuan
Kegiatan Inti
1. Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
2. Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi
masalah)
3. Data collection
(pengumpulan data)
4. Data processing
(pengolahan Data)
5. Verification / Pembuktian
6. Generalizatio
(menarik kesimpulan)
Penutup
|
Sumber Belajar :
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA.
Alat Peraga :
1. Laptop
2. LCD
3. Slide
4. kertas lakmus
5. bahan lainnya yang mendukung
|
Penilaian :
1. Pengetahuan
2. Ketrampilan
|
LEMBAR KERJA PRAKTIKUM ASAM BASA IPA SMP
LEMBAR KERJA PRAKTIKUM
STANDAR KOMPETENSI
Ø Memahami kalsifikasi zat
MATERI : ASAM, BASA, DAN GARAM
TUJUAN : Mengamati sifat asam dan basa suatu larutan
dengan menggunakan kertas lakmus dan kunyit
NO PRAKTIKUM : 3
JUDUL PRAKTIKUM : MENGELOMPOKKAN LARUTAN ASAM, BASA,
DAN GARAM
ALAT DAN BAHAN :
1. INDIKATOR ALAMI : Kunyit
2. INDIKATOR BUATAN : LAKMUS MERAH & BIRU
3. GELAS PLASTIK
4. BEBERAPA LARUTAN SAMPEL
LANGKAH KERJA
1. Masukkan bahan yang akan diuji ke dalam wadah
2. Celupkan kertas lakmus (merah dan biru) ke dalam bahan yang diuji
3. Amati perubahan warna pada kertas lakmus
4. Tuliskan perubahan warna dari kertas lakmus pada tabel data pengamatan!
DATA PENGAMATAN
No
|
Larutan
|
Perubahan Kertas
|
Sifat Larutan
(Asam/ Basa/ Netral)
| |
Lakmus Merah
|
Lakmus Biru
| |||
1.
|
Larutan x
| |||
2.
|
Larutan y
| |||
3.
|
Larutan z
|
PERTANYAAN
1. Larutan manakah yang bersifat asam? Mengapa demikian?
2. Larutan manakah yang bersifat basa? Mengapa demikian?
3. Adakah larutan yang bersifat netral? Jika ada, larutan yang
manakah itu? Mengapa demikian?
JAWABAN PERTANYAAN
1. ________________________________________________________________
2. ________________________________________________________________
3. ________________________________________________________________
KESIMPULAN
1. asam adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion _____________.
2. Basa adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion _____________.
3. Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi ________ dan ________
4. Larutan yang mampu mengubah lakmus biru menjadi merah adalah larutan
yang bersifat ____________
5. Larutan yang mampu mengubah lakmus merah menjadi biru adalah larutan yang bersifat ____________
6. Larutan yang tidak mengubah lakmus merah maupun lakmus biru adalah
larutan yang bersifat ____________
7. Lakmus merah dan biru dapat digunakan untuk membedakan
sifat ________, _________, dan netral pada larutan.
8. Larutan x bersifat ____________ karena ______________________________.
9. Larutan y bersifat ____________ karena ______________________________.
10. Larutan z bersifat ____________ karena _______________________________.
Komentar
Posting Komentar