PRAKTIKUM ASAM BASA

BAHAN AJAR

HARI / TANGGAL     : kamis / 24 - 10 - 2019
KELAS                        : VII ( Tujuh )
SEMESTER                : Ganjil

Jam
Pertemuan
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Sumber Belajar/Alat Peraga
Instrumen Penilaian
Ket

KD. 3.3
Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

IPK.
3.3.1     Menggolongkan karakteristik materi.
3.3.2     Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
3.3.3     Menjelaskan metode pemisahan  campuran.
§  Dengan diberikan daftar benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Peserta Didik dapat menggolongkan karakteristik materi.
§  Dengan diberikan LKS Peserta Didik dapat menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.

§  Dengan melakukan percobaan, Peserta Didik dapat menyelidiki bahan-bahan alam yang dapat dijadikan sebagai Indikator alami.
Kegiatan Pendahuluan
1.      Orientasi
2.      Apersepsi
3.      Motivasi
4.      Pemberian Acuan

Kegiatan Inti
1.      Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
2.      Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi
masalah)
3.      Data collection
(pengumpulan data)
4.      Data processing
(pengolahan Data)
5.      Verification / Pembuktian
6.      Generalizatio
(menarik kesimpulan)
Penutup

Sumber Belajar :
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPAJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Alat Peraga :
1. Laptop
2. LCD
3. Slide
4. kertas lakmus
5. bahan lainnya yang mendukung
Penilaian :
1.      Pengetahuan
2.      Ketrampilan




LEMBAR KERJA PRAKTIKUM ASAM BASA IPA SMP


                                                                  LEMBAR KERJA PRAKTIKUM

STANDAR KOMPETENSI
Ø  Memahami kalsifikasi zat

MATERI                        : ASAM, BASA, DAN GARAM
TUJUAN                       : Mengamati sifat asam dan basa suatu larutan
                                         dengan   menggunakan kertas lakmus  dan kunyit
NO PRAKTIKUM       :   3
JUDUL PRAKTIKUM : MENGELOMPOKKAN LARUTAN ASAM, BASA,
                                         DAN GARAM
ALAT DAN BAHAN   :

1.       INDIKATOR ALAMI : Kunyit
2.       INDIKATOR BUATAN : LAKMUS MERAH & BIRU
3.       GELAS PLASTIK
4.       BEBERAPA LARUTAN SAMPEL

LANGKAH KERJA

1.       Masukkan bahan yang akan diuji ke dalam wadah
2.       Celupkan kertas lakmus (merah dan biru) ke dalam bahan yang diuji
3.       Amati perubahan warna pada kertas lakmus
4.       Tuliskan perubahan warna dari kertas lakmus pada tabel data pengamatan!

DATA PENGAMATAN
No
Larutan
Perubahan Kertas
Sifat Larutan
(Asam/ Basa/ Netral)
Lakmus Merah
Lakmus Biru
1.
Larutan x



2.
Larutan y



3.
Larutan z





PERTANYAAN
1.       Larutan manakah yang bersifat asam? Mengapa demikian?
2.       Larutan manakah yang bersifat basa? Mengapa demikian?
3.       Adakah larutan yang bersifat netral? Jika ada, larutan yang
          manakah itu? Mengapa demikian?

JAWABAN PERTANYAAN
1.       ________________________________________________________________
2.       ________________________________________________________________
3.       ________________________________________________________________

KESIMPULAN
1.       asam adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion _____________.
2.       Basa adalah zat yang dalam air dapat menghasilkan ion _____________.
3.       Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi ________ dan ________
4.       Larutan yang mampu mengubah lakmus biru menjadi merah adalah larutan
          yang bersifat ____________
5.       Larutan yang mampu mengubah lakmus merah menjadi biru adalah larutan                              yang bersifat ____________
6.       Larutan yang tidak mengubah lakmus merah maupun lakmus biru adalah
          larutan yang bersifat ____________
7.       Lakmus merah dan biru dapat digunakan untuk membedakan
          sifat ________, _________, dan netral pada larutan.
8.       Larutan x bersifat ____________ karena ______________________________.
9.       Larutan y bersifat ____________ karena ______________________________.
10.     Larutan z bersifat ____________ karena _______________________________.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN (KOMPONEN BIOTIK & ABIOTIK)

Peran organism tanah serta peran tanah dan cara melestarikannya

PENERAPAN MEDAN MAGNET & GGL INDUKSI