ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN
BAHAN AJAR
HARI / TANGGAL : Kamis/28 nov 2019
KELAS : VII ( Tujuh )
SEMESTER : Ganjil
Alokasi Waktu
|
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Alat Peraga
|
Instrumen Penilaian
|
Hasil
|
15 JP
(6 Pertemuan)
|
KD. 3.5
Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
IPK.
3.5.1 Menjelaskan konsep 3 energi dan sumber-sumber energy.
3.5.2 Menjelaskan perubahan energy yang terjadi di alam dan di tubuh.
3.5.3 Menjelaskan konsep fotosintesis.
3.5.4 Peserta didik memilki keterempilan melalui kegiatan hasil praktikum fotosintesis.
KD. 4.5
Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
IPK.
4.5.1 Mengamati berbagai manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan kriteria energy
4.5.2 Meyelidiki
sumber perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor yang
mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui
percobaan
4.5.3 Mengumpulkan
mengenai perpindahan enegi dalam sel serta melakukan percobaan
fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat
badan
4.5.4 Menyajikan
hasil perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi
dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikanya dengan teman.
|
Ø Peserta didik dapat menjelaskan konsep energi.
Ø Peserta didik dapat menjelaskan sumber-sumber energi.
Ø Peserta didik dapat menjelaskan perubahan-perubahan energi yang terjadi di alam dan sekitar rumah.
Ø Peserta didik dapat membedakan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
Ø Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap fenomena transformasi energi dan metabolisme sel.
Ø Peserta didik dapat menjelaskan konsep fotosintesis.
Ø Peserta didik memiliki keterampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil praktikum fotosintesis.
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Orientasi
2. Apersepsi
3. Motivasi
4. Pemberian Acuan
Kegiatan Inti
1. Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
2. Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi
masalah)
3. Data collection
(pengumpulan data)
4. Data processing
(pengolahan Data)
5. Verification / Pembuktian
6. Generalizatio
(menarik kesimpulan)
Penutup
|
Sumber Belajar :
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Alat Peraga :
1. Laptop
2. LCD
3. Slide
4. Dan lainnya yang mendukng
|
Penilaian :
1. Pengetahuan
2. Ketrampilan
3. Sikap
|
MATERI
Energi
Energi adalah sesuatu yang
jika digunakan bisa menghasilkan suatu kerja/ usaha. Energi Potensial
adalah energy yang dimiliki oleh suatu benda karena struktur benda
tersebut.
Energi Potensial Gravitasi
atau Energi diam adalah energy yang dimiliki suatu benda letaknya di
permukaan bumi. Energi potensial gravitasi dipengaruhi oleh tinggi benda
terhadap acuannya, massa yang dimiliki, dan gravitasinya. Suatu
benda jatuh karena adanya gravitasi Bumi. Gravitasi Bumi dapat menarik
sesuatu yang memiliki massa lebih kecil karena bumi memiliki massa yang
lebih besar.Setiap sesuatu yang memiliki massa yang lebih besar mampu
menarik sesuatu yang memiliki massa lebih kecil.
Keterangan :
· h1 : ketinggian total
· h2 : ketinggian titik 1 ke titik 2
· h3 : ketinggian titik 2 ke titik 3
Kesimpulan :
s Semakin ke bawah, semakin cepat pergerakannya
a Setiap perpindahan jatuhnya benda, Ԑp benda berubah.
Energi potensial elastisitas adalah energi yang tersimpan pada benda yang sedang diregangkan.
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena benda tersebut bergerak.
Contoh : Tepak yang di lempar ke atas.
Fakta yang didapatkan yaitu :
1. Semakin ke atas, energy potensial mengecil dan energy kinetic membesar.
2. Saat jatuh lagi, energy potensial membesar dan energy kinetic mengecil.
3. Berubah arah gerak
4. Saat
jatuh menimbulkan suara. Jadi, saat jatuh di atas permukaan, energy
potensial dan energy kinetic berubah menjadi energy bunyi.
Perpaduan antara energy Potensial dan energy Kinetik disebut energy Mekanik.
(Konstan)
10 + 0 = 10
9 + 1 = 10
8 + 2 = 10
Dan selanjutnya.
Sumber energi
Sumber energy adalah segala sesuatu yang menghasilkan
energy. Energi dikelompokkan berdasarkan bisa dan tidak bisanya energy
tersebut diperbarui. Energi yang dapat diperbarui (Renewable energy),
contohnya adalah biogas. Energi yang tak bisa diperbarui (Non Renewable
energy), contohnya adalah energy fosil, energy nuklir dan energy panas
bumi. Selama perut bumi memiliki magma, maka selama itulah gas akan
tetap ada. Indonesia adalah negara yang memiliki energy panas bumi
terbesar karena indonesi terletak di wilayah lingkaran api (fire
ring). Energy nuklir adalah sebuah atum. Energi nuklir berasal dari kata
“Nukleus”.
Energi yang dapat diperbarui adalah energy yang
bersumber dari makhluk hidup yang dapat dibudidayakan oleh manusia.
Contohnya antara lain tanaman, hewan, biogas, dan sampah biologis.
Sedangkan, Energi tak terbarukan adalah energi yang diambil dari hasil -
hasil tambang.
Energi alternative adalah energy yang dapat
dimanfaatkan sebagai pengganti energy atau bahan bakar konvensional.
Atau adalah energy yang digunakan dengan bertujuan untuk menggantikan
bahan bakar yang ada saat ini tanpa akibat yang tidak diharapkan dari
hal tersebut. Energi alternative antara lain air, panas bumi, dan angin.
Energi tidal adalah energy yang
didapatkan dari pasang surut air laut. Perbedaan Energi angin dan energy
tidal adalah jika energy angin tidak dapat dihitung, tetapi energy
tidal dapat dihitung.
Sifat energy yaitu kekal. Maksudnya yaitu tidak dapat
dibuat, tidak dapat dimusnahkan karena merupakan ciptaan Allah swt.
Tetapi energi dapat berubah wujud.
Makanan sebagai Sumber Energi
Energy yang dibutuhkan oleh manusia adalah makanan.
Makanan adalah salah satu bentuk energy kimia karena apa yang masuk ke
dalam tubuh direaksikan / diproses dengan cara kimia. Makhluk hidup
dibagi menjadi dua, yaitu Autotrof dan heterotrof. Autotrof dapat
menghasilkan makanannya sendiri, yaitu Tumbuhan. Heterotrof mengambil
makanan dari makhluk hidup lain. Contohnya adalah manusia dan hewan.
Energi yang kita konsumsi adalah makanan yang mengandung :
a. Karbohidrat (utama),
adalah makanan yang mengandung zat tepung untuk memberi energy. Nasi
terasa manis saat kita kunyah karena di dalam mulut kita terdapat ludah
dan enzim Amilase. 1 kg karbohidrat mengandung 4.1 kalori.
b. Protein,
adalah zat pembangun tubuh agar dapat bertumbuh dan berkembang. Protein
ada 2 jenis yaitu, proten hewani dan protein nabati. Protein tidak akan
punya lemak jenuh. Lemak jenuh hewani jika mengendap akan menyumbat
pembulu darah. 1 kg protein mengandung 4.1 kalori.
c. Mineral,
yaitu suatu zat yang dibutuhkan untuk metabolism tubuh. Contohnya yaitu
kalsium, fosfor, dan zat besi. TDS adalah singkatan dari Total Disolpd
Solid. Yaitu zat yang terlarut dalam mineral.
d. Vitamin, berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.
e. Lemak dapat
dibuat sendiri oleh tubuh. Berasal dari karbohidrat yang tidak
terpakai. Akhirnya tertimbun dan menjadi lemak yang tertimbun di bawah
kulit. 1 kg lemak mengandung 9.3 kalori.
Transformasi Energi Dalam Sel
1. Transformasi Energi oleh Klorofil
Klorofil adalah zat hijau daun yang terdapat di dalam
kloroplas. Klorofil berfungsi untuk melancarkan proses fotosintesis.
Transformasi inni hanya dilakukan oleh tumbuhan saja.
2. Transformasi Energi oleh Mitokondria
Mitokondria adalah organel yang terdapat di dalam
sel, yang memiliki peran dalam respirasi sel. Di dalam Mitokondria,
energy kimia digunakan untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak.
Metabolisme Sel
Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam
sel makhluk hidup. Penyatuan / penyusunan energy disebut anabolisme.
Penguraian energy disebut katabolisme.
1. Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses perubahan energy cahaya
menjadi energy kimia dalam bentuk glukosa atau proses pembentukan
glukosa dari karbondioksida dan air dengan bantuan cahaya matahari.
Reaksi kimia fotosintesis yaitu :
Percobaan Fotosintesis.
a. Ingenhousz (1799)
Percobaan ini menggunakan tanaman air Hydrilla verticillata di
bawah cororng yang terbalik. Jika tanaman tersebut terkena cahaya
matahari, maka timbulah gelembung – gelembung gas. Gas ini ternyata
adalah oksigen (O2).
b. Engelmann (1822)
Percobaan ini menggunakan ganggang hijau Spirogyra
sp. Yang kloroplasnya berbentuk spiral. Ternyata bakteri oksigen hanya
berkerumun pada kloroplas yang terkena cahaya. Ini membuktikan bahwa
klorofil adalah faktor keharusan dalam proses fotosintesis.
c. Sachs (1860)
Percobaan ini dilakukan dengan daun yang ditutup
kertas timah lalu diuji dengan lodium lugol. Ilmuwan ini membuktikan
bahwa fotosintesis menghasilkan karbohidrat berupa amilum. Adanya amilum
dibuktikan dengan melakukan uji yodium pada daun yang tertutup, daun
ini berubah warna menjadi biru kehitaman, sedangkan pada daun yang tidak
ditutup tidak terjadi perubahan warna.
2. Respirasi
Respirasi adalah pelepasan energy yang tersimpan
dalam zat sumber energy melalui proses kimia dengan oksigen. Respirasi
dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Respirasi Aerob.
Yaitu respirasi yang membutuhkan oksigen (O2) untuk menguraikan glukosa (katabolisme).Reaksi kimia respirasi aerob adalah :
2. Respirasi Anaerob
Yaitu respirasi yang tidak membutuhkan oksigen (O2) untuk menguraikan glukosa (katabolisme).Reaksi kimia respirasi anaerob adalah :
Komentar
Posting Komentar