SUHU

BAHAN AJAR
HARI / TANGGAL   : Kamis/7 November 2019
KELAS                       : VII ( Tujuh )
SEMESTER                : Ganjil
Jam
Pertemuan
Kompetensi Dasar/ Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Sumber Belajar/Alat Peraga
Instrumen Penilaian
Ket
KD. 3.4
Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
IPK.
3.4.1           Menjelaskan definisi suhu.
3.4.2           Menjelaskan berbagai jenis termometer.
3.4.3           Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer
§  Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
§  Siswa dapat menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
§  Siswa dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
§  Siswa dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
§  Siswa dapat menjelaskan definisi pemuaian.
Kegiatan Pendahuluan
1.      Orientasi
2.      Apersepsi
3.      Motivasi
4.      Pemberian Acuan
Kegiatan Inti
1.      Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
2.      Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi
masalah)
3.      Data collection
(pengumpulan data)
4.      Data processing
(pengolahan Data)
5.      Verification / Pembuktian
6.      Generalizatio
(menarik kesimpulan)
Penutup
Sumber Belajar :
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Alat Peraga :
1. Laptop
2. Mistar
3. Slide
4. Dan lainnya yang mendukng
Penilaian :
1.      Pengetahuan
                                                                                                                                                                                         


SUHU DAN PERUBAHANNYA
Suhu sebuah benda adalah tingkat (derajat) panas suatu benda. Benda yang panas mempunyai derajat panas lebih tinggi daripada benda yang dingin. Hasil kegiatan penyelidikanmu menunjukkan bahwa indra perasa memang dapat merasakan tingkat panas benda. Akan tetapi, indra perasa bukan pengukur tingkat panas yang andal. Benda yang tingkat panasnya sama dirasakan berbeda oleh tangan kanan dan kirimu. Jadi, suhu benda yang diukur dengan indra perasa menghasilkan ukuran suhu kualitatif yang tidak dapat dipakai sebagai acuan. Suhu harus diukur secara kuantitatif dengan alat ukur suhu yang disebut termometer.


Jenis-Jenis Termometer

a. Termometer Zat Cair

Secara umum, benda-benda di alam akan memuai (ukurannya bertambah besar) jika suhunya naik. Kenyataan ini dimanfaatkan untuk membuat termometer dari zat cair. Cairan terletak pada tabung kapiler dari kaca yang memiliki bagian penyimpan (reservoir/ labu). Beberapa termometer yang menggunakan zat cair akan dibahas berikut ini.

1) Termometer laboratorium
Bentuknya panjang dengan skala dari -10°C sampai 110°C menggunakan raksa.
2) Termometer suhu badan
Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu badan manusia. Skala yang ditulis antara 35oC dan 42oC. Pipa di bagian bawah dekat labu dibuat sempit sehingga pengukuran lebih teliti akibat raksa tidak segera turun ke labu/reservoir




b. Termometer Bimetal
Perhatikan dua logam yang jenisnya Perhatikan dua logam yang jenisnya berbeda dan dilekatkan menjadi satu. Jika suhunya berubah, bimetal akan melengkung.



Mengapa? Karena logam yang satu memuai lebih panjang dibanding yang lain. Hal ini dimanfaatkan untuk membuat termometer.



c. Termometer Kristal Cair
Terdapat kristal cair yang warnanya dapat berubah jika suhu berubah. Kristal ini dikemas dalam plastik tipis, untuk mengukur suhu tubuh, suhu akuarium, dan sebagainya.



Skala Suhu
Berapa suhu tubuh manusia sehat? Ya, kamu akan menjawab 37oC. Huruf C kependekan dari Celcius, salah satu contoh satuan suhu atau skala suhu. Saat ini, dikenal beberapa skala suhu, misalnya Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin. Tidakkah kamu penasaran, bagaimana membuat skala suhu pada termometer?




Nilai C = 5
         R = 4
         F  = 9
         K = 5



1. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Reamur

Cara Mencari Konversi Suhu dari Skala Suhu Celcius ke Skala Suhu Reamur bisa kalian gunakan rumus seperti dibawah ini :
R = (4/5) C
Diketahui :
R adalah Suhu dlm Skala Reamur
C adalah Suhu dlm Skala Celcius
Contoh Soal Konversi Suhu Celcius ke Reamur
Jika terdapat Suhu Benda dalam Skala Celcius telah menunjukan 100 Celcius. Berapakah bila di Konversi (diubah) ke dalam Skala Reamur ialah ?
R = (4/5) C
R = (4/5) 100
R = 400 / 5
R = 80
Sehingga Suhu Benda diatas yang menunjukkan Angka 100 dalam Skala Celcius sama dengan 80 jika didalam Skala Reamur.

2. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit

Cara Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Skala Suhu Fahrenheit bisa kalian lihat dan menggunakan rumusnya seperti dibawah ini :
F = (9/5) C + 32
Diketahui :
F adalah Suhu dlm Skala Fahrenheit
C adalah Suhu dlm Skala Celcius
Contoh Soal Konversi Skala Suhu Celcius ke Skala Suhu Fahrenheit
Terdapat Suhu Suatu Benda didalam Skala Suhu Celcius telah menunjukkan 100 Celcius. Bila dikonversi (diubah) ke dalam Skala Suhu Fahrenheit adalah ?.
F = (9/5) C + 32
F = (9/5) 100 + 32
F = 900 / 5 + 32
F = 180 + 32
F = 212 F
Sehingga Suhu Benda yg menunjukkan Angka 100 didalam Skala Suhu Celcius sama dengan 212 didalam Skala Fahrenheit.

3. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Kelvin

Lalu didalam Rumus Mencari Konversi Suhu dari Skala Suhu Celcius kedalam Skala Suhu Kelvin bisa kalian gunakan memakai Rumus dibawah ini :
K = C + 273
Diketahui :
K adalah Suhu dlm Skala Kelvin
C adalah Suhu dlm Skala Celcius
Contoh Soal Konversi dari Skala Suhu Celcius ke dalam Skala Suhu Kelvin.
Jika terdapat Suhu Suatu Benda didalam Skala Celcius telah menunjukan Suhu sebesar 100 Celcius. Maka jika dikonversikan kedalam Skala Suhu Kelvin adalah ?
K = C + 273
K = 100 + 273
K = 373
Sehingga Suhu Benda yang menunjukan Skala Suhu diangka 100 Celcius sama dengan 373 didalam Skala Suhu Kelvin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN (KOMPONEN BIOTIK & ABIOTIK)

Peran organism tanah serta peran tanah dan cara melestarikannya

PENERAPAN MEDAN MAGNET & GGL INDUKSI