KISI-KISI UTS IPA
HARI/TANGGAL : JUMAT/12 MARET 2020
KELAS : 7
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
KURIKULUM : KURIKULUM 2013
KELAS : 7
KISI-KISI
MID SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013
MATA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
KOMPETENSI INTI (KI.3)
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
Bentuk
Soal
|
No. Soal
|
||
3
|
Memahami dan menerap kan
pengetahuan (faktual, konsep-tual, dan prosedural) berdasar-kan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.6
|
Memahami sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
|
Tingkat organisasi
|
Peserta
Didik dapat mengurutkan
tingkat organisasi kehidupan secara tepat
|
Pilihan Ganda
|
1
|
sel
|
Peserta
Didik dapat mengetahui
bagian terkecil dari makhluk hidup
|
Pilihan Ganda
|
2
|
||||
Organel sel tumbuhan
|
Peserta
Didik dapat mengetahui
tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan
|
Pilihan Ganda
|
3
|
||||
Jenis sel
|
Peserta Didik dapat memberikan contoh Makhuluk hidup yang
memiliki sel prokaryotic
|
Pilihan Ganda
|
12
|
||||
Jaringan tumbuhan
|
Peserta Didik dapat
mengetahui salah satu fungsi dari jaringan pengangkut
|
Pilihan Ganda
|
6
|
||||
Organ
dan system organ
|
Peserta Didik dapat
mengetahui macam-macam organ
yang termasuk system organ dalam tubuh manusia
|
Pilihan Ganda
|
7
|
||||
|
|
3.7
|
Menganalisis
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut
|
Komponen biotik
|
Peserta Didik dapat
mengetahui macam – macam komponen biotic yang terdapat pada suatu ekosistem
|
Pilihan Ganda
|
4
|
Rantai makanan
|
Peserta Didik dapat
mengurutkan rantai makanan secara tepat
|
Pilihan Ganda
|
5
|
||||
Simbiosis
|
Peserta Didik dapat
memberikan contoh hubungan simbiosis komensalisme suatu makhluk hidup
|
Pilihan Ganda
|
8
|
||||
Jenis hewan
|
Peserta Didik dapat
menyebutkan jenis hewan berdasarkan makanannya
|
Pilihan Ganda
|
9
|
||||
Jenis Ekosistem
|
Peserta Didik dapat
mengetahui jenis ekosistem berdasarkan komponen biotic yang terdapat di
dalamnya
|
Pilihan Ganda
|
10
|
||||
Lingkup Ekologi
|
Peserta Didik dapat
memberikan contoh dari lingkup ekologi (contoh individu)
|
Pilihan
Ganda
|
11
|
||||
Simbiosis
|
Peserta Didik dapat
menentukan salah satu simbiosis berdasarkan contoh hubungan yang terjadi
|
Pilihan
Ganda
|
13
|
||||
Rantai makanan
|
Peserta Didik dapat
memahami masalah yang akan terjadi
dalam rantai makanan akibat dari punahnya salah satu organism
|
Pilihan
Ganda
|
14
|
||||
|
|
3.8
|
Menganalisis terjadinya
pencemaran lingkungan
dan
dampak nya bagi ekosistem
|
Dampak pencemaran abikat limbah industri
|
Peserta
Didik dapat
mengetahui dampak bagi kesehatan akibat pencemaran air yang sebabkan oleh
limbah industry
|
Pilihan Ganda
|
15
|
Dampak pencemaran akibat limbah peranian
|
Peserta
Didik dapat
mengetahui dampak yang terjadi akibat pencemaran air yang disebabkan oleh
limbah pertanian
|
Pilihan Ganda
|
16
|
||||
Pengelolaan Ekskreta
|
Peserta
Didik dapat
mengetahui salah satu penerapan 4R yang dapat dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pilihan Ganda
|
17
|
||||
Penyebab pencemaran udara akibat aktivitas alam
|
Peserta Didik dapat
mengetahui salah satu penyebab pencemaran udara yang
diakibatkan oleh akivitas alam
|
Pilihan Ganda
|
18
|
||||
Dampak pencemaran udara
|
Peserta Didik dapat
mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara
|
Pilihan Ganda
|
19
|
||||
Penanggulangan pencemaran tanah
|
Peserta Didik dapat
mengetahui salah satu cara penanggulangan pencemaran tanah
|
Pilihan
Ganda
|
20
|
||||
|
|
|
|
Pencemaran Lingkungan
|
Peserta
Didik dapat
menjelaskan 3 macam pencemaran lingkungan
|
ESSAI
|
1
|
Pencemaran Air
|
Peserta
Didik dapat
menjelaskan 3
faktor penyebab pencemaran air
|
ESSAI
|
2
|
||||
Rantai Makanan
|
Peserta Didik dapat
menggambarkan peristiwa rantai makanan yang terjadi pada suatu ekosistem
|
ESSAI
|
3
|
||||
Interaksi Antara Makhluk Hidup dengan Lingkungan
|
Peserta Didik dapat
memberikan
contoh hubungan makhluk hidup dari Simbiosis Parasitisme
|
ESSAI
|
4
|
||||
Penanggulangan Pencemaran Air
|
Peserta Didik dapat
memberikan contoh penerapan Repair yang bisa kita
lakukan dalam kehidupan sehari-hari
|
ESSAI
|
5
|
||||
Penanggulangan Pencemaran Tanah
|
Peserta Didik dapat
menuliskan 2 jenis Remediasi tanah
|
ESSAI
|
6
|
||||
Dampak pencemaran udara
Dampak pencemaran Air
|
Peserta Didik dapat
menuliskan 2 senyawa kimia yang menyebabkan suhu bumi meningkat.
Peserta Didik dapat
menuliskan salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat pencemaran air.
|
ESSAI
ESSAI
|
7
8
|
||||
|
|
Dampak pencemaran udara
|
Peserta Didik dapat
menjelaskan aktivitas manusia yang dapat menyebabkan
pencemaran udara.
|
ESSAI
|
9
|
||
Penanggulangan pencemaran udara
|
Peserta Didik dapat
menjelaskan cara penanggulangan pencemaran udara.
|
ESSAI
|
10
|
Komentar
Posting Komentar