KISI-KISI PAT IPA SEMESTER GENAP 2020
HARI/TANGGAL : KAMIS/4 JUNI 2020
KELAS : 7
KELAS : 7
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : VII /GENAP
KURIKULUM : 2013
BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Indikator Soal
|
No soal
|
Level Kognitif
|
3.7 Menganalisis
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut
|
Interaksi
Mahkluk hidup dengan lingkungan
·
Pengertian Lingkungan
·
Hal Hal yang ditemukan dalam
suatu lingkungan
·
Interaksi dalam ekosistem
Membentuk suatu pola
·
Pola Interaksi Manusia
Mempengaruhi Ekosistem
|
Disajikan data observasi peserta didik dapat menentukan
komponen abiotik dan komponen biotic.
Disajikan data pada ekosistem perairan, peserta didik dapat
menentukan organisme yang menderita jika terjadi pencemaran logam berat pada
perairan.
Disajikan data berbagai simbiosis peserta didik dapat
menentukan hubungan simbiosis yang benar
Peserta didik dapat menyebutkan contoh hewan berdasarkan
jenis makanannya
|
1
2
3
25
|
L2
L2
L2
L1
|
3.8
Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi
ekosistem
|
Pencemaran
lingkungan
·
Definisi
Pencemaran
·
Pencemaran
air
·
Pencemaran
udara
·
Pencemaran
tanah
|
Peserta didik mampu menganalisis prosedur pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan salah
satu cara 4R
Peserta didik dapat menentukan prosedur pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaram dari limbah organikyang berasal dari tubuh
manusia.
Disajikan data dampak pencemaran pencemaran peserta
didik dapat menentukan dampak secara tidak langsung akibat eutropikasi,
Disajikan data cara mengatasi pencemaran lingkungan,
peserta didik dapat menentukan cara yang benar untuk mengatasi pencemaran
tanah.
|
4
5
6
7
|
L2
L2
L2
L2
|
3.9 Menganalisis perubahan
iklim dan dampaknya
bagi ekosistem
|
Perubahan Iklim
·
Pemanasan global
·
PenyebabTerjadinya
Perubahan iklim
·
Dampak perubahan
Iklim bagi ekosistem
|
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan penyebab
pemanasan global
Peserta didik dapat menentukan dampak pemanasan global
terhadap ekosistem
Peserta didik dapat menentukan pencegahan pemanasan global
yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat mendeskripsikan akibat yang
ditimbulkan dari masalah lingkungan seperti efek rumah kaca yang terjadi
secara global
Peserta didik dapat mendeskripsikan usaha yang dapat
dilakukan untuk mengurangi terjadinya efek rumah kaca
Peserta didik dapat mendeskripsikan usaha alternatif untuk
mengatasi peningkatan gas efek rumah kaca.
|
8
9
10
11
12
13
|
L2
L1
L3
L2
L2
L2
|
3.10 Menjelaskan lapisan
bumi, gunung api,
gempa bumi, dan
tindakan
pengurangan resiko
sebelum, pada saat,
dan pasca bencana
sesuai
ancaman
bencana di daerahnya
|
Lapisan Bumi dan
Bencana
·
Lapisan bumi Gunung api
·
Gempa bumi dan
tsunami
·
Tindakan tanggap bencana
|
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan urutan
lapisan atmosfer
Peserta didik dapat menentukan fungsi dari lapisan ozon di
atmosfer
Disajikan contoh peristiwa alam, Peserta didik dapat
mengelompokkan peristiwa alam dengan aspek lapisan bumi
Peserta didik dapat mendeskripsikan istilah yang digunakan
pada saat terjadi gempa bumi atau letusan gunung berapi
|
14
15
16
17,18
|
L1
L1
L1
L2
|
3.11
Menganalisis system
tata surya, rotasi dan
revolusi bumi, rotasi
dan revolusi
bulan,
serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi
|
Tata Surya
·
Sistem tata surya
·
Karakteristik anggota
tata surya
·
Matahari sebagai bintang
·
Dampak rotasi dan revolusi bumi
bagi
kehidupan
dibumi
·
Gerhana bulan dan matahari
·
Terjadinya pasang surut air laut
|
Peserta didik dapat menyebutkan lapisan matahari
Disajikan beberapa data fenomena alam, peserta didik dapat
menentukan fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi
|
19
20
|
L1
L2
|
3.6 Memahami sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi
utama penyusun sel
|
Sistem Organisasi
Kehidupan
·
Sel Sebagai Unit Struktur dan
Organisasi Kehidupan
·
Jaringan jaringan pada sel
·
Organ Organ pada hewan dan
tumbuhan
·
Sistem Organ dan Organisme
|
Peserta didik dapat
mengurutkan system organisasi kehidupan
Peserta didik dapat
menyebutkan bagian terkecil dari makhluk hidup
Peserta didik dapat
menyebutkan fungsi salah satu organel sel tumbuhan
Peserta didik dapat
mengurutkan organ dari system pernapasan manusia
|
21
22
23
24
|
L1
L1
L1
L1
|
Keterangan:
Karakteristik
soal pada Level Kognitif
L1
= Pengetahuan dan Pemahaman
L2
= Aplikasi
L3
= Penalaran
Assalamualaikum warahmatullahi Bu Emil 🙏
BalasHapusOkee Bu terimakasih atas kisi-kisi nya yang telah diberikan untuk kamii,,semoga selalu bermanfaat aamiin 🤲
•S.R. Azizah VII D