KISI-KISI DAN SOAL BAYANGAN
SMP/MTs Kota Bandar Lampung
Mata Pelajaran                        :
IPA
Kelas/Semester                        :
VII /Ganjil
| 
No Soal | 
IndikatorSoal | 
| 
1 | 
Diberikan data hasil pengukuran sebuah benda, peserta didik
  dapat menentukan hasil pengukuran yang merupakan besaran pokok | 
| 
2 | 
Diberikan
  tabel besaran dan satuannya, peserta didik dapat menentukan yang termasuk
  besaran turunan | 
| 
3 | 
Peserta
  didik dapat mengkonversi
  satuan dalam SI | 
| 
4 | 
Peserta
  didik dapat membaca neraca timbangan 
  menimbang suatu benda | 
| 
5 | 
Peserta
  didik dapat
  membaca alat ukur stopwatch | 
| 
6 | 
Diberikan
  data fenomena alam peserta didik dapat menentukan yang termasuk gejala alam
  abiotik (tidak hidup) dan gejala alam biotik (hidup) | 
| 
7 | 
Diberikan
  dua gambar yang menunjukkan makhluk hidup dan benda tidak hidup, peserta
  didik dapat menjelaskan berdasarkan ciri ciri mahkluk hidup | 
| 
8 | 
Diberikan
  ciri ciri tumbuhan, peserta didik dapat menentukan ke dalam ciri-ciri mahkluk
  hidup | 
| 
9 | 
Peserta
  didik dapat menjelaskan pentingnya pengelompokkan/klasifikasi benda dan
  mahkluk hidup | 
| 
10 | 
Diberikan
  macam macam gambar daun peserta didik dapat menentukan hubungan kekerabatan
  berdasarkan gambar daun | 
| 
11 | 
Peserta
  didik dapat mengurutkan dengan benar determinasi tumbuhan dan determinasi
  hewan | 
| 
12 | 
Peserta
  didik dapat mengurutkan dengan benar determinasi tumbuhan dan determinasi
  hewan | 
| 
13 | 
Peserta didik
  dapat melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop | 
| 
14 | 
Peserta didik
  dapat menjelaskan makhluk hidup berdasarkan ciri dan bentuk berdasarkan hasil
  pengamatan | 
| 
15 | 
Diberikan
  pernyataan mahkluk hidup sebagai indikator pencemaran di perairan, peserta didik
  dapat menentukan makhluk hidup tersebut ke dalam kelompok yang sesuai dalam
  klasifikasi hewan invertebrata | 
| 
16 | 
Diberikan
  data hasil pengamatan seorang anak terhadap pengamatan hewan, peserta didik
  dapat mengelompokkan hewan tersebut dalam kelompok yang benar | 
| 
17 | 
Diberikan
  gambar hewan invertebrata, peserta didik dapat menentukan hubungan
  kekerabatan yang paling dekat berdasarkan persamaan dan perbedaan | 
| 
18 | 
Diberikan pernyataan ciri-ciri materi,
  peserta didik dapat menunjukkan ciri berdasarkan materi yang ditentukan | 
| 
19 | 
Peserta didik dapat menentukan lambang
  unsur yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari hari | 
| 
20 | 
Peserta didik dapat menjelaskan lambang
  senyawa yang dikeluarkan saat proses bernapas | 
| 
21 | 
Diberikan data/pernyataan peserta didik dapat mengelompokkan
  data dalam kelompok campuran heterogen | 
| 
22 | 
Diberikan
  tabel hasil pengamatan menggunakan lakmus biru dan lakmus merah, peserta
  didik dapat menentukan zat yang benar berdasarkan perubahan warna kertas
  lakmus | 
| 
23 | 
Peserta
  didik dapat menjelaskan sifat sifat asam, basa, dan garam | 
| 
24 | 
Diberikan
  pernyataan peserta didik dapat menjelaskan pernyataan yang termasuk dalam zat
  tunggal | 
| 
25 | 
Peserta didik dapat memberikan contoh pemisahan
  campuran secara  (filtrasi, sentrifugasi, dan kromatografi) | 
| 
26 | 
Diberikan
  gambar berupa alat untuk pemisahan campuran, peserta didik dapat menentukkan
  pemisahan campuran  | 
| 
27 | 
Diberikan
  tabel massa jenis zat, seorang anak menemukan benda yang ditimbang dan diukur
  volumenya, peserta didik dapat menentukan benda tersebut berdasarkan
  penghitungan massa jenis benda | 
| 
28 | 
Diberikan pernyataan peserta didik dapat
  menjelaskan pernyataan yang termasuk dalam perubahan kimia | 
| 
29 | 
Peserta
  didik dapat menentukan skala termometer suhu badan | 
| 
30 | 
Diberikan
  gambar 2 thermometer peserta didik dapat membandingkan nilai skala termometer
  fahrenheit dan celcius | 
| 
31 | 
Diberikan
  suatu kasus skala thermometer berdasarkan pengamatan dibandingkan dengan thermometer reamur | 
| 
32 | 
Peserta didik dapat menghitung pemuaian panjang,
  luas, dan volume  suatu benda | 
| 
33 | 
Peserta didik dapat menghitung kalor
  dalam kalori, jika diketahui perubahan suhu, massa zat. Kalor jenis air,
  kalor jenis, dan kalor lebur air  | 
| 
34 | 
Diberikantabelperubahankalor,
  pesertadidikdapatmenentukankalor yang dibutuhkanpadagrafik yang ditentukan | 
| 
35 | 
Diberikan
  gambar peristiwa perpindahan kalor, peserta didik dapat menjelaskan bentuk
  perpindahan kalor secara radiasi, konveksi, atau konduksi | 
| 
36 | 
Diberikan
  gambar gerakkan bola voli, peserta didik dapat menentukan Energi kinetik dan
  energi potensial | 
| 
37 | 
Diberikan
  gambar, peserta didik dapat menjelaskan fungsi organel yang terdapat pada
  tumbuhan yang berfungsi menghasilkan energi | 
| 
38 | 
Peserta
  didik dapat menjelaskan hubungan metabolisme, katabolisme, anabolisme dengan
  respirasi dan fotosintesis | 
| 
39 | 
Di berikan gambar percobaan ingenhouz, peserta
  didik dapat menjelaskan gas yang dihasilkan | 
| 
40 | 
Diberikan
  gambar, peserta didik dapat menjelaskan penyakit yang disebabkan kekurangan
  zat makanan tertentu | 
SOAL BAYANGAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 
1.       Buatlah tabel besaran pokok
beserta satuannya!
2.       Buatlah tabel besaran turunan
beserta satuannya!
3.      
Hitunglah konversi dari :
a.      
20 km = ………….. m
b.     
20 kg = ……………. gram
c.      
30 menit = …………… detik
4.      
Hitunglah hasil pengukuran dari neraca di bawah
ini!
5.       Berapakah
hasil perhitungan dari stopwatch di bawah ini!
6.       Tuliskan
salah satu contoh fenomena alam abiotik & biotic dalam kehidupan
sehari-hari!
7.       Tuliskan
5 ciri-ciri makhluk hidup beserta contohnya masing-masing!
8.       Tuliskan
3 ciri-ciri dari tumbuhan!
9.       Jelaskan
manfaat pentingnya
pengelompokkan/klasifikasi benda dan mahkluk hidup!
10.    Perhatikan kunci determinasi di bawah ini! 
           
  (1)
a. Bertulang belakang …………………….. 2
           
           b.
Tak bertulang belakang ………………. 6
           
      (2) a. Menyusui anaknya
……………………… Mamalia 
           
           b.
Tidak menyusui anaknya……………… 3 
           
      (3) a. Tubuhnya ditutupi bulu
………………. Burung 
           
          
b. Tubuhnya tidak ditutupi bulu ………. 4
                  (4) a. Bergerak dengan sirip ………………….
Ikan 
           
           b.
Bergerak tidak dengan sirip …………. 5
                   (5) a. Kulitnya selalu basah …………………..
Amfibi
           
           
b. Kulitnya tidak selalu basah ………….. Reptilia
           
      (6) a. Mempunyai rangka luar ………………. Hewan
berbuku-buku
   
                   b. Tidak mempunyai rangka
luar ……… Cacing
1.       
TULISKAN
URUTAN KUNCI DETERMINASI REPTILIA! 
2.       
TULISKAN
URUTAN KUNCI DTERMINASI MAMALIA BESERTA CIRI-CIRI! 
3.       
TULISKAN
URUTAN KUNCI DETERMINASI CACING!
4.       
TULISKAN
URUTAN KUNCI DETERMINASI IKAN! 
11.    
Tuliskan
bagian-bagian dari mikroskop beserta fungsinya!
12.    
Tuliskan hewan
invertebrate yang berperan sebagai indikator pencemaran di perairan! 
13.    
Buatlah tabel yang
berisi tentang 8 kelompok hewan Invertebrata beserta ciri dan contoh!
14.    
Buatlah tabel yang
berisi tentang 5 kelompok hewan Vertebrata beserta ciri dan contoh!
15.    
Tuliskan ciri-ciri
materi beserta klasifikasinya!
16.    
Berikan 4 contoh
unsure yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari beserta lambangnya!
17.    
Jelaskan lambang
senyawa yang dikeluarkan saat proses bernapas!
18.    
Contoh dari
campuran homogen dan heterogen!
19.    
Jika kertas lakmus
merah berubah menjadi biru maka larutan tersebut bersifat?
20.    
Jelaskan sifat
asam, basa, dan garam!
21.    
Jelaskan ciri
beserta contoh dari zat tunggal (unsure dan senyawa)!
22.    
Tuliskan contoh pemisahan campuran
secara  (filtrasi, sentrifugasi, dan kromatografi)!
23.    
Tuliskan alat-alat
dari pemisahan campuran!
24.    
Berikan 2 contoh
perubahan kimia!
25.    
25oR =
…….. oF
26.    
25oF =
…….. oC
27.    
Buatlah soal
tentang pemuaian
panjang, luas, dan volume  suatu benda!
28.    
Berapakah kalor
yang diperlukan untuk mendidihkan 1 kg air jika suhu awalnya 25oC
sampai 100oC dan kalor jenis air 4200 J/kg oC?
29.    
jelaskan bentuk perpindahan kalor secara radiasi, konveksi, atau konduksi!
30.    
organel pada tumbuhan yang berfungsi menghasilkan energi yaitu?
31.    
Jelaskan hubungan metabolisme,
katabolisme, anabolisme dengan respirasi dan fotosintesis!
32.    
Jelaskan gas yang
dihasilkan dari percobaan ingenhouz!
33.    
jelaskan penyakit yang disebabkan kekurangan protein!
Assalamualaikum bu emily terimakasih atas kisi- kisinya 🙏🙏
BalasHapusAssalamualaikum bu mksi soal bnyngn sama kisi kisi ny , mksi udh mau buat cpe cpe , mksi bnyk Bu🖤 #anisa7D
BalasHapusMakasihh bu emil kisi kisi nyaa😉
BalasHapus