KISI-KISI DAN SOAL BAYANGAN




Kisi-Kisi  Semester Ganjil  2019/2020Kurikulum 13
SMP/MTs Kota Bandar Lampung

Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/Semester                        : VII /Ganjil

No Soal
IndikatorSoal
1
Diberikan data hasil pengukuran sebuah benda, peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran yang merupakan besaran pokok
2
Diberikan tabel besaran dan satuannya, peserta didik dapat menentukan yang termasuk besaran turunan
3
Peserta didik dapat mengkonversi satuan dalam SI
4
Peserta didik dapat membaca neraca timbangan  menimbang suatu benda
5
Peserta didik dapat membaca alat ukur stopwatch
6
Diberikan data fenomena alam peserta didik dapat menentukan yang termasuk gejala alam abiotik (tidak hidup) dan gejala alam biotik (hidup)
7
Diberikan dua gambar yang menunjukkan makhluk hidup dan benda tidak hidup, peserta didik dapat menjelaskan berdasarkan ciri ciri mahkluk hidup
8
Diberikan ciri ciri tumbuhan, peserta didik dapat menentukan ke dalam ciri-ciri mahkluk hidup
9
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pengelompokkan/klasifikasi benda dan mahkluk hidup
10
Diberikan macam macam gambar daun peserta didik dapat menentukan hubungan kekerabatan berdasarkan gambar daun
11
Peserta didik dapat mengurutkan dengan benar determinasi tumbuhan dan determinasi hewan
12
Peserta didik dapat mengurutkan dengan benar determinasi tumbuhan dan determinasi hewan
13
Peserta didik dapat melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop
14
Peserta didik dapat menjelaskan makhluk hidup berdasarkan ciri dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
15
Diberikan pernyataan mahkluk hidup sebagai indikator pencemaran di perairan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup tersebut ke dalam kelompok yang sesuai dalam klasifikasi hewan invertebrata
16
Diberikan data hasil pengamatan seorang anak terhadap pengamatan hewan, peserta didik dapat mengelompokkan hewan tersebut dalam kelompok yang benar
17
Diberikan gambar hewan invertebrata, peserta didik dapat menentukan hubungan kekerabatan yang paling dekat berdasarkan persamaan dan perbedaan
18
Diberikan pernyataan ciri-ciri materi, peserta didik dapat menunjukkan ciri berdasarkan materi yang ditentukan
19
Peserta didik dapat menentukan lambang unsur yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari hari
20
Peserta didik dapat menjelaskan lambang senyawa yang dikeluarkan saat proses bernapas
21
Diberikan data/pernyataan peserta didik dapat mengelompokkan data dalam kelompok campuran heterogen
22
Diberikan tabel hasil pengamatan menggunakan lakmus biru dan lakmus merah, peserta didik dapat menentukan zat yang benar berdasarkan perubahan warna kertas lakmus
23
Peserta didik dapat menjelaskan sifat sifat asam, basa, dan garam
24
Diberikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan pernyataan yang termasuk dalam zat tunggal
25
Peserta didik dapat memberikan contoh pemisahan campuran secara  (filtrasi, sentrifugasi, dan kromatografi)
26
Diberikan gambar berupa alat untuk pemisahan campuran, peserta didik dapat menentukkan pemisahan campuran
27
Diberikan tabel massa jenis zat, seorang anak menemukan benda yang ditimbang dan diukur volumenya, peserta didik dapat menentukan benda tersebut berdasarkan penghitungan massa jenis benda
28
Diberikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan pernyataan yang termasuk dalam perubahan kimia
29
Peserta didik dapat menentukan skala termometer suhu badan
30
Diberikan gambar 2 thermometer peserta didik dapat membandingkan nilai skala termometer fahrenheit dan celcius
31
Diberikan suatu kasus skala thermometer berdasarkan pengamatan dibandingkan dengan thermometer reamur
32
Peserta didik dapat menghitung pemuaian panjang, luas, dan volume  suatu benda
33
Peserta didik dapat menghitung kalor dalam kalori, jika diketahui perubahan suhu, massa zat. Kalor jenis air, kalor jenis, dan kalor lebur air
34
Diberikantabelperubahankalor, pesertadidikdapatmenentukankalor yang dibutuhkanpadagrafik yang ditentukan
35
Diberikan gambar peristiwa perpindahan kalor, peserta didik dapat menjelaskan bentuk perpindahan kalor secara radiasi, konveksi, atau konduksi
36
Diberikan gambar gerakkan bola voli, peserta didik dapat menentukan Energi kinetik dan energi potensial
37
Diberikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan fungsi organel yang terdapat pada tumbuhan yang berfungsi menghasilkan energi
38
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan metabolisme, katabolisme, anabolisme dengan respirasi dan fotosintesis
39
Di berikan gambar percobaan ingenhouz, peserta didik dapat menjelaskan gas yang dihasilkan
40
Diberikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan penyakit yang disebabkan kekurangan zat makanan tertentu




SOAL BAYANGAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER

1.       Buatlah tabel besaran pokok beserta satuannya!
2.       Buatlah tabel besaran turunan beserta satuannya!
3.       Hitunglah konversi dari :
a.       20 km = ………….. m
b.      20 kg = ……………. gram
c.       30 menit = …………… detik
4.       Hitunglah hasil pengukuran dari neraca di bawah ini!
5.       Berapakah hasil perhitungan dari stopwatch di bawah ini!
6.       Tuliskan salah satu contoh fenomena alam abiotik & biotic dalam kehidupan sehari-hari!
7.       Tuliskan 5 ciri-ciri makhluk hidup beserta contohnya masing-masing!
8.       Tuliskan 3 ciri-ciri dari tumbuhan!
9.       Jelaskan manfaat pentingnya pengelompokkan/klasifikasi benda dan mahkluk hidup!
10.    Perhatikan kunci determinasi di bawah ini!
              (1) a. Bertulang belakang …………………….. 2
                       b. Tak bertulang belakang ………………. 6
                  (2) a. Menyusui anaknya ……………………… Mamalia
                       b. Tidak menyusui anaknya……………… 3
                  (3) a. Tubuhnya ditutupi bulu ………………. Burung
                       b. Tubuhnya tidak ditutupi bulu ………. 4
                  (4) a. Bergerak dengan sirip …………………. Ikan
                       b. Bergerak tidak dengan sirip …………. 5
                   (5) a. Kulitnya selalu basah ………………….. Amfibi
                        b. Kulitnya tidak selalu basah ………….. Reptilia
                  (6) a. Mempunyai rangka luar ………………. Hewan berbuku-buku
                       b. Tidak mempunyai rangka luar ……… Cacing
     
1.        TULISKAN URUTAN KUNCI DETERMINASI REPTILIA!
2.        TULISKAN URUTAN KUNCI DTERMINASI MAMALIA BESERTA CIRI-CIRI!
3.        TULISKAN URUTAN KUNCI DETERMINASI CACING!
4.        TULISKAN URUTAN KUNCI DETERMINASI IKAN!

11.     Tuliskan bagian-bagian dari mikroskop beserta fungsinya!
12.     Tuliskan hewan invertebrate yang berperan sebagai indikator pencemaran di perairan!
13.     Buatlah tabel yang berisi tentang 8 kelompok hewan Invertebrata beserta ciri dan contoh!
14.     Buatlah tabel yang berisi tentang 5 kelompok hewan Vertebrata beserta ciri dan contoh!
15.     Tuliskan ciri-ciri materi beserta klasifikasinya!
16.     Berikan 4 contoh unsure yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari beserta lambangnya!
17.     Jelaskan lambang senyawa yang dikeluarkan saat proses bernapas!
18.     Contoh dari campuran homogen dan heterogen!
19.     Jika kertas lakmus merah berubah menjadi biru maka larutan tersebut bersifat?
20.     Jelaskan sifat asam, basa, dan garam!
21.     Jelaskan ciri beserta contoh dari zat tunggal (unsure dan senyawa)!
22.     Tuliskan contoh pemisahan campuran secara  (filtrasi, sentrifugasi, dan kromatografi)!
23.     Tuliskan alat-alat dari pemisahan campuran!
24.     Berikan 2 contoh perubahan kimia!
25.     25oR = …….. oF
26.     25oF = …….. oC
27.     Buatlah soal tentang pemuaian panjang, luas, dan volume  suatu benda!
28.     Berapakah kalor yang diperlukan untuk mendidihkan 1 kg air jika suhu awalnya 25oC sampai 100oC dan kalor jenis air 4200 J/kg oC?
29.     jelaskan bentuk perpindahan kalor secara radiasi, konveksi, atau konduksi!
30.     organel pada tumbuhan yang berfungsi menghasilkan energi yaitu?
31.     Jelaskan hubungan metabolisme, katabolisme, anabolisme dengan respirasi dan fotosintesis!
32.     Jelaskan gas yang dihasilkan dari percobaan ingenhouz!
33.     jelaskan penyakit yang disebabkan kekurangan protein!




Komentar

  1. Assalamualaikum bu emily terimakasih atas kisi- kisinya 🙏🙏

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu mksi soal bnyngn sama kisi kisi ny , mksi udh mau buat cpe cpe , mksi bnyk Bu🖤 #anisa7D

    BalasHapus
  3. Makasihh bu emil kisi kisi nyaa😉

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMULIAAN TANAMAN & HEWAN SERTA ADAPTASI

PENERAPAN LISTRIK STATIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PENERAPAN MEDAN MAGNET & GGL INDUKSI